Cerita Novel yang Terkait Kasus-kasus Kejahatan di Dunia Nyata


Naviri Magazine - Salah satu genre novel yang disukai banyak orang adalah genre kriminal, yang biasanya menceritakan kasus kejahatan, khususnya pembunuhan. Saat membaca novel semacam itu, pembaca seperti ditantang untuk menebak siapa sang pembunuh dalam kisah tersebut. Biasanya, pembaca terkagum-kagum dengan cara si penulis novel dalam mengisahkan cerita, sekaligus bagaimana memecahkan kasus misterius di dalamnya.

Ketika membaca novel-novel detektif semacam itu, ada banyak pembaca yang berpikir, apakah sang penulis novel memang seorang detektif sungguhan di dunia nyata? Karena mereka begitu mahir dalam memecahkan misteri yang sangat pelik dan rumit.

Kenyataannya, beberapa penulis novel kriminal memang memiliki keterkaitan dengan kasus-kasus di dunia nyata. Ada dari mereka yang memang terjun ke dalam penyelidikan kasus, ada pula yang mengangkat kasus di dunia nyata menjadi ide kisah novel mereka. Berikut ini uraiannya.

Sir Arthur Conan Doyle dan pembunuhan di Queens Terrace

Seorang perempuan kaya berusia senja ditemukan tewas di flatnya, karena dipukul benda tumpul. Kasus ini membingungkan semua orang, karena Miss Gilchrist tua dikenal sebagai kolektor perhiasan mewah, namun ketika peristiwa pembunuhan terjadi, benda yang hilang hanyalah sebuah bros permata kecil bersama beberapa dokumen penting. 

Apa yang menjadi motif pembunuhan ini? Dan siapa pelakunya? Sir Arthur Conan Doyle kemudian melibatkan diri dalam pemecahan kasus ini, dengan berusaha membuktikan bahwa terdakwa yang ditangkap polisi atas kasus ini sebenarnya tidak bersalah.

Misteri 11 hari menghilangnya Agatha Christie

Bagi para penggemar Agatha Christie, kasus ini pasti menjadi salah satu detail mengenai kehidupan Agatha Christie yang paling sensasional sekaligus misterius. 

Suatu pagi di musim dingin tahun 1926, mobil Christie ditemukan di sekitar daerah Guildford, sebelah barat daya London, oleh seorang pemuda gipsi. Tidak ada tanda-tanda keberadaan sang pengemudi mobil. 

Peristiwa menghilangnya Queen of Crime ini menghebohkan seantero Inggris, sampai 15.000 orang relawan ikut sibuk membantu aparat polisi mencari Christie, demi imbalan 100 poundsterling. 

Peristiwa ini terjadi hanya beberapa bulan setelah Agatha Christie merilis salah satu novel terbaiknya, The Murder of Roger Ackroyd. Banyak pihak kemudian berasumsi bahwa peristiwa menghilang ini hanya akal-akalan promosi, supaya novelnya semakin laris.

Sir Arthur Conan Doyle dan skandal Great Wryley

Tahun 1906 boleh dibilang tahun vakum bagi Conan Doyle. Saat itu dia lebih sibuk mencoba menggali kasus George Edalji, seorang pengacara keturunan India yang dipenjarakan karena tuduhan membunuh dan memutilasi sejumlah hewan ternak pada tahun 1903. 

Berkat petisi yang ditandatangani sepuluh ribu orang, Edalji akhirnya hanya menjalani tiga tahun dari hukuman yang semestinya berlangsung tujuh tahun. Namun nama baiknya tidak dipulihkan, dan ia tidak bisa meneruskan karir sebagai pengacara. 

Conan Doyle, yang percaya bahwa pria itu tidak bersalah, berusaha mengumpulkan fakta yang dapat membersihkan nama Edalji.

PD James vs. Dorothy L. Sayers, dan pembunuhan brutal 

Pembunuhan misterius pada kenyataannya dapat terjadi dimana pun, bahkan dalam rumah “bermartabat” yang ada di Anfield, Liverpool. Kasus pembunuhan brutal Julia Wallace di dalam rumahnya sendiri adalah salah satu kasus yang sampai saat ini tidak terpecahkan. 

Suami Julia, William Herbert Wallace, ditetapkan menjadi tersangka utama pembunuhan tersebut, namun ia akhirnya dibebaskan melalui banding. Dua orang pengarang novel misteri, Dorothy L. Sayers dan PD James, menulis analisis versi masing-masing yang mencoba memecahkan kasus ini.

Patricia Cornwell dan DNA Sang Pencabik

Jack the Ripper adalah sosok pembunuh sadis yang sampai saat ini namanya masih membuat bulu roma meremang. Betapa tidak, setelah membunuh korbannya, pembunuh yang beroperasi di Distrik Whitechapel di London tahun 1800-an ini selalu mencabik lalu mengambil satu atau beberapa organ tubuh korbannya. 

Yang masih menjadi misteri, siapakah sesungguhnya Jack the Ripper? 

Banyak orang saling berlomba untuk menyelidiki jati diri Sang Pencabik. Salah satunya adalah pengarang novel kriminal, Patricia Cornwell. Yang dilakukan Cornwell tidak tanggung-tanggung, ia membeli beberapa lukisan dengan obyek Jack the Ripper untuk melakukan tes DNA. Ia mencurigai bahwa sang pelukis, Walter Sickert, adalah Jack the Ripper.

Edgar Allan Poe dan kasus ganjil Mary Rogers

Yang ini adalah salah satu contoh kasus nyata yang kemudian “difiksikan”. Si cantik Mary Rogers yang tinggal di New York, pernah menghilang dua kali, yakni pada 4 Oktober 1838 dan 25 Juli 1841. 

Pada peristiwa menghilang yang pertama kali, Mary kembali tanpa cacat. Namun, pada peristiwa menghilang yang kedua, ia baru ditemukan 3 hari kemudian, terapung di sebuah sungai dalam keadaan tak bernyawa. 

Publik langsung mencurigai bahwa Daniel Payne, tunangan Mary, sebagai pelaku pembunuhan tersebut. Namun kecurigaan ini patah ketika Daniel ditemukan tewas bunuh diri beberapa bulan setelahnya. 

Kasus yang tidak pernah terpecahkan ini kemudian difiksikan oleh Edgar Allan Poe, dengan judul The Mystery of Marie Rogêt, diterbitkan tiga seri dalam majalah Snowden’s Ladies’ Companion tahun 1842-1843.

Steve Hodel dan kasus horor Black Dahlia

Pembunuhan sadis dan wanita cantik adalah kombinasi yang bisa menggegerkan seluruh negeri. Kali ini yang menjadi korban adalah Elizabeth Short, seorang aktris cantik yang mayatnya ditemukan tanpa busana, dan terpotong menjadi dua bagian. 

Konon, julukan “Black Dahlia” berasal dari berita yang mengatakan bahwa pakaian terakhir yang dikenakan Elizabeth Short adalah rok mini ketat dan blus tipis. Bertahun-tahun kemudian, kasus ini diselidiki ulang oleh Steve Hodel, yang adalah putra George Hodel, yang pernah menjadi tersangka pembunuh Black Dahlia.

Related

World's Fact 4179051609796431383

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item