Perlu Tahu, Ini 10 Makanan yang Membantu Menyehatkan Kulit


Naviri Magazine - Berbagai produk perawatan kulit banyak beredar di pasaran, dan banyak digunakan orang—khususnya kaum wanita—yang menginginkan kulitnya senatiasa sehat, segar, dan cantik. Berbagai layanan perawatan kulit juga disediakan di salon-salon kecantikan, dan banyak dimanfaatkan wanita untuk tujuan yang sama.

Jika Anda menginginkan kulit yang sehat dan segar dengan cara alami, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang mendukung hal itu. Dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut, Anda akan memiliki kesehatan dan kesegaran kulit secara lebih alami.

Paprika merah

Satu buah paprika merah mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan manusia setiap hari. Paprika merah juga mengandung serat dan vitamin B6 serta karotenoid, yang dapat membantu menyembunyikan keriput dan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit sehingga terlihat awet muda.

Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung antioksidan, asam lemak, dan flavanol, yang membantu meningkatkan kecerahan serta kelembapan kulit. Selain itu, antioksidan yang dikandung cokelat hitam juga mampu membantu mengurangi kekusaman pada kulit, dan melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari langsung.

Salmon

Ikan salmon merupakan sumber pangan yang tepat untuk melawan stres, cemas, dan depresi. Ikan salmon mengandung vitamin D yang berguna dalam menjaga jantung, tulang, usus, dan otak, agar selalu dalam kondisi baik. Sementara kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan salmon juga sangat baik untuk melembapkan kulit secara alami dari dalam.

Minyak kelapa

Minyak kelapa murni merupakan salah satu sumber lemak tak jenuh terbaik yang bisa Anda dapatkan. Di dalamnya juga terkandung asam laurik yang merupakan antibakteri kuat yang membantu menjaga tubuh dari serangan virus, infeksi, peradangan, dan jerawat. Minyak kelapa murni juga mengandung vitamin E yang bagus untuk menjaga kulit tetap lembap, halus, dan bebas kerut.

Teh hijau

Teh hijau tidak hanya mengandung antioksidan yang tinggi, namun juga mengandung asam amino yang tinggi. Keduanya bermanfaat dalam membantu kulit menjadi lebih rileks, serta terhindar dari stres.

Bayam

Bayam adalah sayuran yang memiliki kompleksitas gizi yang tinggi. Bayam mengandung zat besi, folat, klorofil, vitamin E, vitamin A, vitamin C, magnesium, serat, dan protein nabati. Campuran keseluruhan gizi tersebut berpengaruh terhadap meningkatnya kandungan antioksidan yang dibawanya, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Biji-bijian

Banyak biji-bijian mengandung selenium, magnesium, protein, dan vitamin E, yang membantu menjadikan kulit selalu lembap dan terjaga kesehatannya. Beberapa jenis biji-bijian yang baik untuk kulit adalah biji bunga matahari, biji labu, dan biji rami. 

Anda dapat mengonsumsi biji-bijian tersebut bersama sajian salad, atau menambahkannya ke dalam sajian yoghurt buah, sehingga Anda dapat menghindari rasa hambar yang dimilikinya.

Seledri

Seledri mengandung banyak vitamin K yang membantu memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, serta membantu mengurangi tekanan darah. Selain itu, seledri juga mengandung sodium alami, potasium, dan air, yang membantu mencegah dehidrasi pada kulit.

Pepaya

Selain tidak mengandung kolesterol, pepaya memiliki kalori yang rendah, yaitu 39 kalori per 100 gramnya. Selain itu, pepaya juga kaya nutrisi antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, dan betakaroten, yang efektif mempercepat pemulihan radang dan jerawat.

Wortel

Vitamin A dalam wortel tidak hanya mendukung kesehatan mata, namun juga baik untuk merawat kesehatan kulit. Vitamin A yang terkandung dalam wortel membantu mencegah produksi sel berlebih pada jaringan kulit, sehingga memperkecil risiko pembesaran sebum dan penumpukan sel kulit mati. 

Related

Health 77273137252762774

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item