Inilah 5 Ikan Air Tawar Paling Buas, Ganas, dan Mematikan


Naviri Magazine - Hewan-hewan buas dan mematikan tidak hanya ada di darat, tapi juga di perairan. Di darat, kita mengenal macan, singa, dan hewan-hewan buas lain sebagai predator yang berbahaya, sehingga kita tidak akan mendekati mereka dengan seenaknya. Hal serupa terjadi di perairan. Di sungai, misalnya, ada hewan-hewan yang buas, ganas, sekaligus mematikan.

Berbeda dengan hewan-hewan darat yang mudah dilihat dan dikenali, sehingga kita bisa lebih waspada, hewan-hewan buas yang tinggal di sungai agak sulit dikenali, karena mereka ada di dalam air. Berikut ini adalah lima ikan air tawar yang dikenal paling buas dan mematikan.

1. Piranha

Piranha adalah ikan air tawar omnivora, yang hidup di sungai-sungai di Amerika Selatan. Di sungai-sungai Venezuela, mereka disebut caribes. Mereka terkenal dengan gigi-gigi tajamnya. 

Dengan hidup berkelompok, mereka mampu menghabiskan mangsa dalam hitungan detik, walau mangsanya memiliki ukuran lebih besar.

2. Goliath tigerfish

Kalau Amerika Selatan punya piranha, Afrika memiliki ikan serupa yang berbahaya, yaitu tigerfish. Walaupun berasal dari spesies yang sangat berbeda, namun ikan tersebut terkenal sangat buas dalam memburu mangsa.

Goliath tigerfish, atau juga dikenal dengan nama giant tigerfish, merupakan anggota terbesar dari ikan tigerfish.

Goliath tigerfish berasal dari Danau Tanganyika, Sungai Kongo, Danau Upemba, dan Sungai Lualaba di Afrika. Ukuran goliath tigerfish terbesar yang pernah dicatat mempunyai panjang 1,53 meter dan berat 70 Kg.

3. Belut listrik

Belut listrik adalah ikan air tawar yang mampu menghasilkan aliran listrik yang kuat, untuk berburu mangsa dan membela diri. Aliran listrik yang mampu dihasilkan bisa mencapai 650 volt.

Walaupun sering disebut belut, sebenarnya ia termasuk anggota ordo gymnotiformes, yang tidak mencakup belut.

Belut listrik biasa ditemukan di Sungai Amazon dan Sungai Orinoko, serta daerah-daerah di sekitarnya. Ikan ini bisa tumbuh hingga panjang 2,5 meter dan berat 20 kg, walaupun biasanya ukuran rata-ratanya sekitar 1 meter.

4. Payara armatus

Payara merupakan ikan predator yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini unik, karena mempunyai "gigi taring". Karena itu, ikan ini dijuluki vampir fish atau ikan vampir.

Ukuran payara armatus dewasa bisa mencapai kurang lebih 1 meter.

5. Alligator gar

Alligator gar adalah ikan air tawar yang berasal dari Sungai Amazon. Ikan ini memiliki bentuk menyeramkan, moncong seperti buaya, giginya juga tajam dan runcing.

Ikan ini termasuk karnivora, dan sangat rakus hingga memiliki perbandingan bobot dan makan 1:10. Ikan alligator terbesar yang pernah ditangkap oleh Paul Morris memiliki berat 104 kg.

Walaupun sangat buas, rakus, dan berbahaya, ikan ini juga sering digunakan sebagai ikan hias. Tentu saja yang memeliharanya orang-orang tertentu, yakni orang-orang pecinta ikan hias predator.

Related

Science 5220729052041640031

Recent

item