Kaya Sejak Lahir hingga Hartanya Tembus 113 Triliun, Putra Orang Terkaya di Indonesia Justru Hidup Sederhana


Dilimpahi kekayaan sejak lahir, putra bungsu orang terkaya di Indonesia Robert Budi Hartono, yakni Armand Wahyudi Hartono, justru hidup sederhana. Saking sederhananya, Armand Wahyudi Hartono, tak gengsi menyantap makan siang di kantin bak karyawan biasa.

Padahal berdasarkan Struktur Organisasi, Armand Wahyudi Hartono menjabat Wakil Presiden Direktur BCA. 

Armand punya kekayaan lebih dari Rp 113 triliun berdasar catatan Forbes. Saat ini, tentu pundi-pundi kekayaan Armand makin bertambah banyak.

Dengan jumlah kekayaan sebanyak itu, gaya hidup Armand yang super sederhana sering menuai sorotan publik. Ya, meski punya total kekayaan ratusan triliun, Armand justru menerapkan prinsip hidup hemat dan sederhana.

Sehari-hari Armand juga tidak boros dalam menggunakan uang dan fasilitas yang ia miliki.

"Saya selalu berusaha hemat. Mulai dari hal kecil seperti listrik, kita bisa saving. Nyalain AC sebentar saja. Kalau sudah dingin, begitu mau tidur, AC kita matikan. Kan yang paling penting pas mau tidur saja, di tengah-tengah panas dikit tidak apa-apalah," kata Armand.

Tak hanya itu, dalam kesehariannya, Armand pun seperti karyawan biasa yang hanya makan di kantin.

"Gaya hidup juga harus dijaga, sederhana saja. Sehari-hari di kantor ya saya makan di kantin lho. Kalau ada nasabah besar yang potensial atau rekan bisnis datang berkunjung, baru saya ajak makan di tempat yang bagus, bukan di kantin," kata Armand sambil tertawa.

Menurut Armand, sebagai orang yang tumbuh di lingkungan orang-orang Jawa, ia memegang teguh filosofi Jawa.

"Wong Jowo itu ngerti namanya cukup. Kita tidak perlu menunjukkan kalau usaha (bank) milik kita besar. Cukup tunjukkan kalau kita bisa menjadi institusi yang sehat dan terpercaya," tandasnya.

Armand bahkan tak malu saat harus memakai sepatu rusak yang terpaksa dilapisi lakban agar tetap bisa dipakai.

Hal itu terlihat dari unggahan di akun Instagramnya. "Prepare for anything. Apapun bisa terjadi, sepatu tua tiba-tiba sobek di perjalanan, untung ada lakban," tulis Armand di akun Instagram @armandhartono.

Unggahan itu ramai dikomentari oleh para pengikutnya. "Tujuannya adalah kaya, bukan terlihat kaya," tulis akun @williamchandrawinata.

Sebagai informasi, Forbes menahbiskan Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono sebagai orang paling kaya di Indonesia. Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono diketahui sebagai bos besar PT Djarum dan pemegang saham di Bank Central Asia (BCA).

Hartono bersaudara menguasai mayoritas saham BCA dengan porsi kepemilikan mencapai 54,94 persen. Bambang dan kakaknya, Robert, juga memiliki saham dalam bisnis properti berupa mal mewah di Jakarta, yaitu Grand Indonesia.

Hartono bersaudara tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia selama 11 tahun berturut-turut. Kekayaan Hartono bersaudara mencapai Rp 522,2 triliun. 

Related

Figures 6715713390844935732

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item