Serunya Birdwatching, Wisata Mengamati Burung untuk Refresing dan Melepas Jenuh


Biodiversitas Gorontalo (Biota) adalah salah satu lembaga konservasi lingkungan yang merekomendasikan kegiatan pengamatan burung atau birdwatching sebagai alternatif aktivitas wisata.

Sekretaris Biota Rosyid Azhar mengatakan birdwatching bisa menjadi kegiatan untuk mengobati kejenuhan akibat pandemi. Kegiatan itu juga dilakukan di alam terbuka sehingga tergolong lebih aman.

"Birdwatching dilakukan di alam terbuka dan biasanya dalam jumlah orang yang sedikit, sehingga masih bisa jaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan," kata Rosyid di Gorontalo.

Menurut Rosyid, Gorontalo memiliki banyak lokasi yang berpotensi sebagai ekowisata birdwatching, misalnya Danau Limboto. Lokasinya pun mudah dan cepat diakses dari pusat kota serta memiliki keragamanhayati burung yang tinggi.

"Kami mencatat ada lebih dari 100 jenis burung di danau ini dan sebagian adalah burung yang bermigrasi dari belahan bumi yang lain. Sangat layak untuk wisata birdwatching," kata Rosyid.

Meski begitu, menurut Rosyid, potensi itu belum dimanfaatkan dengan maksimal oleh pemerintah daerah dan pelaku wisata.

Wawan Akuba, salah satu wisatawan birdwatching mengatakan kegiatan pengamatan burung merupakan aktivitas wisata yang menarik. "Kalau melihat danau sekilas, mungkin tampak tidak menarik. Tapi begitu saya mengamati burung-burung yang ada di sini, rasanya memang seperti sedang berwisata di alam," ujarnya.

Saat birdwatching, ia bisa mengenal sekaligus mengamati beragam jenis burung seperti cangak merah, gagang bayam dan trinil semak.

Related

Traveling 6478408489932902971

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item