Kisah Makhluk Penyebab Gerhana di Balik 'Iblis' Hellbound


Naviri Magazine - Salah satu karakter khas dalam serial Hellbound adalah makhluk buas yang membuat para manusia yang dianggap berdosa ketakutan karena akan dicabut nyawanya oleh monster tersebut.

Menurut Screen Rant, gambaran monster tersebut masih ada kaitannya dengan kisah mitologi asal Korea Selatan, bila mengacu pada percakapan karakter pemimpin kultus The New Truth, Jung Jin-su (Yoo Ah-in).

Pada episode dua serial Hellbound, dikisahkan Jung Jin-su disambut oleh detektif Jin Kyung-hun (Yang Ik-joon). Jung Jin-su diduga terlibat dalam kasus kematian aneh warga dan kemunculan makhluk-makhluk menyeramkan yang mengincar manusia.

Jin-su dan pengikutnya di kultus The New Truth mengatakan bahwa hal ini adalah kehendak Tuhan sebagai bentuk hukuman kepada manusia yang berdosa. Itu juga sebagai peringatan kepada mereka yang masih hidup untuk mengakui dosa-dosa yang dilakukan.

Ketika Kyung-hun menjelaskan bahwa mereka menginvestigasi kasus itu sebagai ancaman pembunuhan, Jin-su membandingkan detektif itu dengan pemburu Bul-gae untuk mencegah terjadinya gerhana yang bermakna menentang Tuhan dan sia-sia.

Bul-gae merupakan makhluk mitologi yang ada di Korea Selatan dan diyakini sebagai sebab terjadinya gerhana. Makhluk yang dalam mitos berbentuk anjing gaib yang besar ini begitu kuat hingga bisa mengejar serta menggigit benda langit yang terlihat.

Bul-gae dipercaya masyarakat Korea kuno mampu menelan Matahari dan Bulan sehingga menyebabkan gerhana sebagai bentuk murka dari Tuhan.

Namun Screen Rant juga menyebut referensi makhluk mitologi Bul-gae yang digunakan oleh Jung Jin-su juga sebagai taktik pemimpin kultus itu untuk menunjukkan posisinya dan sebagai pemimpin yang berpendidikan.

Di sisi lain, sutradara Hellbound Yeon Sang-ho juga dinilai sengaja memberikan petikan kisah mitologi dalam percakapan Jung Jin-su ini sebagai petunjuk terkait sifat sebenarnya dari makhluk gaib itu.

Hal itu didasarkan pada bentuk monster "iblis" Hellbound ini yang tidak berbentuk seperti anjing seperti pada kisah mitologi, melainkan makhluk macam Hulk yang lebih mengerikan.

Kesamaan lain dari dua makhluk gaib tersebut terletak pada sifat alami dari keduanya yakni sama-sama tidak dapat dihentikan ataupun dicegah.

Dalam serial Hellbound, manusia digambarkan tidak dapat menghindar dari kedatangan iblis neraka. Kedatangan mereka ditandai dengan suara hentakan yang membuat ruangan bergetar seperti terkena gempa bumi.

Setidaknya ada tiga makhluk menyeramkan yang datang dan mengincar manusia terpilih. Alih-alih membawa langsung ke dunia lain, para manusia itu diberi rasa neraka di Bumi.

Setelah 'dihancurkan' di dunia, si manusia berdosa itu akan akan dibawa ke neraka dengan pancaran sinar putih yang sangat panas hingga menghancurkan tubuh mereka.

Kendati memiliki peran yang sangat penting dalam serial ini, identitas dari makhluk gaib yang mirip dengan iblis neraka itu tidak diungkap oleh sutradara Yeon Sang-ho.

Meski begitu, agaknya Yeon Sang-ho menyimpan informasi yang lebih jelas soal makhluk itu pada musim berikutnya dari Hellbound. Serial Hellbound tayang di Netflix.

Related

Film 135273724655466950

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item