Kisah Mengejutkan Staf Hotel Ungkap Cara Bersihkan Kamar Setelah Tamu Pergi


Naviri Magazine - Ada berbagai rahasia pegawai hotel yang tak diketahui tamu. Meskipun tiap hotel tentu menerapkan kebijakan yang mungkin berbeda.

Jacob Tomsky, mantan pegawai hotel di New York yang pernah bekerja sebagai resepsionis dan manager housekeeping, menceritakan pengalamannya. Dia menuturkan bagaimana cara staf hotel membersihkan kamar tamu, termasuk cara membersihkan gelas, yang cukup mengejutkan.

"Saya melihat tas belanja kosong, kentang goreng dingin direndam dalam saus tomat di lantai... seprai kotor yang menjijikkan, bir bocor di atas minibar," kata Jacob dalam buku Heads in Beds, A Reckless Memoir of Hotels, Hustles and so-called hospitality.

"Dan segala macam sampah yang ditinggalkan oleh tamu kelas atas kami," tambahnya.

Jacob yang menjabat sebagai manager housekeeping, saat itu melewati troli demi troli yang berisi alat kebersihan kamar, hingga keperluan tamu. Dia menyaksikan housekeeper merapikan kamar.

"Kami melihat housekeeper berlutut di sudut kamar mandi, menggosok di belakang toilet, mengumpulkan makanan dingin dan sampah, memoles cermin, membungkus kembali kabel pengering rambut, menyedot debu, dan melakukan setiap tindakan yang jatuh di bawah kata ‘pembersihan’," kata Jacob.

Dia pun menyaksikan metode unik para staf memasukkan bantal ke dalam sarungnya. Cara ini mungkin tak dilakukan oleh traveler di rumah.

"Saat memasang sarung bantal, mereka akan memukul bantal di bagian tengah dan kemudian mendorongnya ke dalam, dilipat seperti sanggul. Metode ini lebih disukai daripada metode biasa dengan menyelipkannya di bawah dagu dan menarik sarung bantal seperti celana, karena wanita-wanita ini tidak ingin membiarkan lima puluh bantal sehari bersentuhan langsung dengan wajah mereka," kata Jacob.

Sementara saat membersihkan cermin, mereka menggunakan semir furnitur. Memang bersih, tapi ini tidak disarankan untuk membersihkan cermin di rumah.

"Semprotkan pada alas putih tebal, gosokkan, dan Anda akan bertatap muka dengan cermin tanpa noda, bebas goresan. Namun, saya tidak menyarankan Anda mengambil tip ini dan menerapkannya di rumah Anda sendiri. Meskipun menggunakan semir furnitur cepat dan efektif, seiring waktu hal itu menyebabkan penumpukan lilin," kata Jacob.

Cara Housekeeper Bersihkan Gelas

Namun, di balik itu semua, ada hal yang mengejutkan. Bukan hanya pada cermin, tapi ada staf yang menggunakan semir furnitur untuk membersihkan gelas!

"Tentu saja tidak semua, tetapi beberapa dari mereka menggunakan semir furnitur pada gelas minum. Menjaga gelas tetap 'terlihat' bersih juga merupakan bagian dari pekerjaan," kata Jacob.

"Apakah Anda melihat sabun cuci piring di troli housekeeper?" ungkap Jacob.

Biarpun begitu, atas semua pekerjaan staf yang tak higienis ini, Jacob meminta maaf. Ini memang yang dilakukan di tempat Jacob bekerja, namun tak semua hotel melakukan hal yang sama.

"Sejujurnya, semir furnitur mungkin lebih bersih daripada air panas biasa dan lap menggunakan handuk tangan (semoga tak tersentuh) dari tamu sebelumnya. Bagaimana pun, maaf tentang itu," tambahnya.

Related

News 8603357484073981322

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item