Kisah Punahnya Dinosaurus, 65 Juta Tahun yang Lalu


Naviri Magazine - Hewan-hewan dengan ukuran luar biasa besar pernah menjadi penghuni Bumi, dan kita menyebutnya dinosaurus. Pada masa itu, Bumi jauh berbeda dibanding sekarang, dan para dinosaurus menjadi penguasa di Bumi dengan kekuatan serta besarnya ukuran tubuh mereka. 

Sampai kemudian, dinosaurus punah, dan kepunahan mereka menjadi penanda periode kepunahan kelima di Bumi.

Kepunahan Zaman Kapur Akhir, atau lebih populer dengan sebutan Cretaceous-Tertiary Exctinction, adalah salah satu periode kepunahan tercepat. Kepunahan ini terjadi hanya dalam rentang waktu 2,5 juta hingga kurang dari 1 juta tahun.

Periode ini terjadi sekitar 65 juta tahun lalu.

Ini mungkin periode kepunahan yang paling populer, karena berbarengan dengan punahnya dinosaurus.

Tumbukan meteor besar di Teluk Meksiko (sekarang), dikombinasikan dengan aktivitas gunung api yang memproduksi gas CO2 dalam jumlah yang signifikan, diyakini bertanggung jawab atas punahnya sekitar 50% populasi makhluk hidup pada saat itu.

Rekaman fosil periode ini dicirikan oleh endapan tipis sedimen marin, atau darat tinggi kandungan iridium yang umumnya dijumpai pada asteroid.

Bagaimana masa depan bumi?

Para ilmuwan meyakini, sejak 2010 hingga sekarang kita sedang memasuki kepunahan massal keenam. Pelepasan CO2 secara masif akibat penggunaan bahan bakar fosil diperkirakan akan mengubah kehidupan flora dan fauna, tiga hingga empat dekade ke depan. Siapa tahu?

Related

Science 1293414710862308191

Recent

item