Mengapa Ada Monyet yang Melakukan Masturbasi?


Naviri Magazine - Masturbasi, atau merangsang diri sendiri untuk mendapat kepuasan seksual, lazim dengan kehidupan manusia. Ternyata, aktivitas serupa juga dilakukan oleh hewan, dan hal itu menimbulkan pertanyaan.

Ikhwal masturbasi pada hewan mulai muncul ke permukaan, saat sebuah video viral di dunia maya, yang menunjukkan monyet sedang melakukan masturbasi. Video yang mula-mula muncul di Facebook itu memperlihatkan seekor monyet kecil jantan yang sedang merangsang alat kelaminnya. 

Video itu pun kemudian menimbulkan pertanyaan, mengapa monyet itu melakukan masturbasi? Apa iya ada makhluk hidup selain manusia yang suka melakukan masturbasi? Hewan apa saja selain monyet yang juga melakukan masturbasi?

Alasan dan tujuan hewan bermasturbasi

Sebenarnya sudah ada banyak studi yang mempelajari kegiatan masturbasi pada monyet. Dari studi-studi tersebut, para peneliti berhasil menemukan bahwa masturbasi menjadi salah satu cara bagi suatu spesies untuk tetap bertahan hidup.

Dilansir Cavemen World, salah satu studi mengenai masturbasi pada monyet ini dilakukan oleh para peneliti dari Departemen Anthropologi University College, London. Mereka mengamati monyet colobus merah yang sedang melakukan masturbasi di alam liar.

Sebelumnya, telah diketahui pula ada monyet colobus merah yang melakukan masturbasi di penangkaran. Jadi, hasil temuan tim tersebut akhirnya membantah anggapan bahwa monyet colobus merah hanya melakukan masturbasi di penangkaran. 

Tim tersebut menemukan monyet colobus merah jantan tetap melakukan masturbasi, meskipun ada betina dari jenis spesiesnya di lokasi yang sama.

Selain penelitian dari University College London, ada juga studi yang dipublikasikan oleh Dokter Robin Baker dan M.A. Bellis, yang menyimpulkan bahwa kegiatan masturbasi yang dilakukan oleh primata adalah untuk mengeliminasi sperma kualitas rendah.

Hal tersebut dilakukan oleh primata seperti monyet jantan, untuk meningkatkan kemungkinan mereka menurunkan gen DNA-nya saat menghamili betinanya. 

Meski telah banyak studi atas kegiatan masturbasi di kalangan monyet jantan, para peneliti masih belum menyimpulkan suatu teori khusus yang menjawab mengapa monyet betina juga melakukan masturbasi. Padahal, peneliti juga menemukan banyak kasus bahwa monyet betina juga melakukan masturbasi.

Tak hanya primata yang masturbasi

Ternyata, kegiatan masturbasi tak terbatas pada primata. Reptil, burung, dan ikan juga pernah terobservasi melakukan tindakan yang mendekati masturbasi. Bahkan, salah satu hewan tercerdas di dunia, lumba-lumba, juga melakukan masturbasi dengan menggesekkan alat reproduksinya ke dasar laut. 

Bukan hanya lumba-lumba, gajah juga termasuk dalam daftar hewan mamalia cerdas yang melakukan masturbasi. Gajah melakukan stimulasi pada alat reproduksinya dengan menggesekkannya pada batu atau batang pohon.

Selain lumba-lumba dan gajah, ada pula suatu studi di tahun 2010 mengenai tupai dari Afrika, yang juga melakukan masturbasi untuk menjaga alat reproduksinya tetap bersih.

Nah jika hewan-hewan di atas melakukan masturbasi untuk bertahan hidup, mengeliminasi sperma kualitas rendah, dan menjaga alat reproduksinya tetap bersih; kira-kira menurutmu apa ya alasan manusia untuk masturbasi?

Related

Science 4193414057172252422

Recent

item