Mengenal Tiga Macam Otot dalam Tubuh Manusia


Naviri Magazine - Di dalam tubuh manusia ada banyak organ dalam, yang sangat penting dalam memungkinkan anggota tubuh dapat melakukan tugasnya dengan baik. Salah satu organ penting dalam tubuh adalah otot, yang memungkinkan anggota tubuh kita bergerak.

Ada tiga macam otot di dalam tubuh manusia.

Pertama, otot yang 100 persen bisa dikendalikan, seperti otot bisep dan otot trisep. Karena adanya otot-otot tersebut, kita bisa menggerakkan dua tangan atau dua kaki dengan mudah. Karena otot-otot tersebut memang bisa dikendalikan, sesuai keinginan kita.

Kedua, otot yang sebagian bisa dikendalikan tapi sebagian lagi tidak, seperti otot yang berperan dalam pernapasan dan kedipan. Mereka bisa bekerja tanpa disadari, tapi bisa juga dilakukan dengan kesadaran penuh. Saat kita ingin memejamkan mata, maka mata kita pun terpejam. Tetapi, setiap saat, mata kita terus berkedip tanpa kita kendalikan.

Ketiga, otot yang sama sekali tidak bisa dikendalikan pemiliknya, termasuk otot jantung yang tak bisa diperintah untuk berdegup atau berhenti. Selama organ-organ dalam tubuh kita masih dapat berfungsi dengan baik, otot jantung akan terus bekerja tanpa bisa kendalikan. Sebaliknya, ketika terjadi masalah, otot itu pun akan berhenti, dan lagi-lagi tanpa bisa kita kendalikan.

Related

Science 5121943008929829142

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

Banner BlogPartner Backlink.co.id
item