Penyakit Aneh yang Bisa Menyebabkan Orang Punya Ingatan Super


Naviri Magazine - Tampaknya, bisa lupa adalah sesuatu yang patut disyukuri. Pasalnya, jika kita tidak pernah bisa lupa pada apa pun, dampaknya bukan menyenangkan tapi malah menyusahkan. Khususnya jika ingatan itu terkait dengan trauma menyedihkan atau masa lalu yang tidak menyenangkan.

Dalam hal itu, beberapa orang terlahir dengan penyakit langka yang membuat mereka dapat mengingat setiap detail kejadian dalam hidupnya. Kelainan itu disebut HSAM.

Highly superior autobiographical memory (HSAM), pertama kali terungkap pada awal tahun 2000-an. Seorang wanita muda bernama Jill Price mengirim surel kepada peneliti neuroscientist and memory, Jim McGaugh. Price bilang, dia dapat mengingat setiap momen sejak usia 12 tahun.

Penasaran, McGaugh mengundangnya ke laboratorium di Universitas California, Amerika Serikat. Price diuji, disebutkan sebuah tanggal dan diminta menjelaskan tentang kejadian di seluruh dunia (yang dia baca dari berita, dengar dari orang, atau lihat di televisi). Sesuai penjelasan di surelnya, dia benar-benar mengingat semuanya.

Publikasi tentang Price telah menggiring para penderita HSAM lainnya untuk diteliti oleh McGaugh. Kemudian muncul Rebecca Sharrock dan Nima Veiseh, yang sama tersiksanya seperti Price.

Mengapa harus merana dengan ingatan super? Menurut Lawrence Patihis, penderita HSAM juga dapat menyimpan kenangan false memories, peristiwa yang sudah tercampur aduk dengan emosi, dan sebenarnya tidak pernah terjadi.

Masih misterius apa yang menimbulkan HSAM. Sementara penderitanya harus sangat berjuang untuk move on, terutama dari trauma dan momen terburuk dalam hidup mereka.

Related

Health 4243467392779009718

Recent

Hot in week

item