6 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari agar Gigi dan Gusi Selalu Sehat


Ungkapan “kamu adalah apa yang kamu makan” sudah lama jadi bagian dari gaya hidup sehat. Sebab, sebagian besar kesehatan dipengaruhi oleh nutrisi yang masuk ke tubuh. Untuk gigi, beberapa jenis makanan bisa memperburuk, tapi tak sedikit pula yang bisa membuatnya lebih sehat.

RiddhiKatara, seorang dokter gigi kosmetik di India, mengungkap beberapa makanan dan minuman yang membantu kesehatan gigi dan gusi.

1. Air putih

Minum air putih tidak hanya membantu menjaga kesehatan kulit tetapi juga membantu membersihkan gula dan asam dari gigi. Ketika makan sesuatu, banyak partikel makanan tersangkut di antara gigi yang bisa merusak enamel gigi. Saat minum air, partikel-partikel tersebut dapat membersihkan gigi dan gusi sehingga menghasilkan bakteri yang tidak terlalu berbahaya.

2. Produk susu

Jika air membantu membersihkan gula dan asam dari gigi, produk susu mengandung mineral seperti hidroksiapatit yang memperkuat email gigi. Mengkonsumsi susu adalah salah satu cara terbaik untuk memiliki gigi yang sehat, karena mengandung kalsium yang merupakan nutrisi penting untuk gigi.

3. Makanan berserat tinggi

Sayuran berdaun dan makanan berserat tinggi lainnya meningkatkan kesehatan pencernaan dan kadar kolesterol yang sehat, dan teranyata makanan ini juga punya khasiat ajaib untuk gigi. Berbagai sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, kale dan arugula adalah beberapa makanan super yang membantu memperkuat email gigi.

4. Permen karet bebas gula 

Permen karet yang bebas gula menghasilkan air liur yang baik untuk membantu membersihkan gigi.

5. Jus cranberry

Jus cranberry dikenal luas untuk mengurangi plak hampir 95 persen.

6. Minyak Kelapa

Menggunakan minyak kelapa dapat membantu menjaga kesehatan gusi. Minyak ini mencegah kerusakan gigi dan melawan penyakit gusi. Gunakan untuk oil pulling atau berkumur dengan minyak juga dalam masakan.

Selain dengan makanan, menjaga kebersihannya, juga penting dilakukan dengan menyikat gigi dua kali sehari. Juga setiap kali memakan sesuatu yang tersangkut di antara gigi, selalu bersihkan sebelum tidur karena saat tidur tubuh dalam mode perbaikan, begitu juga gigi.

Related

Health 2754875084574968874

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item