9 Fitur Windows 7 yang Tidak Ada di Windows 8


Siapa sih yang tidak tahu Windows? Salah satu sistem operasi yang populer ini sudah meluncurkan banyak sekali versi Windows. Dengan banyaknya versi, tentu setiap versi selalu ada yang baru dan ada yang hilang, atau paling tidak ada yang digantikan.

Berikut ini adalah fitur Windows 7 yang tidak ada di Windows  8.

1. Desktop Gadget 

Kamu pengguna setia Windows pasti tahu perkembangannya, di Windows Vista dan 7 kamu akan menemukan yang namanya Gadget. Namun kamu tidak akan menemukan lagi yang namanya Gadget di Windows 8.

Padahal menurut ane hadirnya gadget akan menambah unsur keindahan sedikit pada tampilan desktop. Selain itu juga sedikit membantu seperti gadget CPU Meter yang berfungsi melihat performa dari Memory yang digunakan. 

Tetapi jika kamu pengguna Windows 8 tetap ingin menggunakan gadget, kamu bisa menggunakan 8GadgetPack. 

2. Start Menu

Dari Windows yang pertama hingga Windows 7, Start Menu tidak pernah dihilangkan. Namun sekarang di Windows 8 hal terpenting seperti itu dihilangkan.

Bukankah ini seperti ciri khas seseorang atau tanda lahir yang dihilangkan? Start Menu di Windows 8 dihilangkan dan digantikan dengan Start Screen. 

Start Screen juga hampir sama seperti Start Menu yang berisi dengan software-software yang kamu install.

Namun untuk kamu yang terbiasa dengan Start Menu, mungkin agak bingung. Jika kamu menginginkan Start Menu di Windows 8, kamu bisa menggunakan Start8

3. Windows Explorer 

Bagian terpenting lainnya yang hilang adalah Windows Explorer, sebenarnya tidak hilang. Namun digantikan oleh File Explorer, tetapi dengan fungsi dan kegunaan yang sama yaitu dapat membrowsing file-file yang ada.

4. Games Folder 

Windows 7 mempunyai folder khusus yaitu Games yang bisa membaca software yang kita install itu sebuah game atau tidak. 

Jika software yang kita install itu adalah sebuah game, maka akan ditambahkan kedalamnya. Namun di Windows 8 hal ini tidak ada. Jadi Games Folder memang benar-benar telah hilang di Windows 8.

5. Windows Media Center 

Jika kamu di Windows 7 dapat menggunakan dan menemukan Windows Media Center secara gratis dan langsung terinstall. 

Tidak halnya Windows 8, kamu harus membeli versi Windows 8 Pro untuk dapat menggunakan Windows Media Center. Jadi di Windows 8, Windows Media Center telah di bundle dengan versi Pronya yang seharga $39.99.

6. Windows DVD Maker

Windows DVD Maker adalah software yang digunakan untuk membuat DVD dari komputer yang dapat dimainkan di DVD player.

Kamu bisa mendapatkan Windows DVD Maker secara gratis di Windows 7 karena ini merupakan tool basic.

Namun banyak bugs di software Windows DVD Maker ini, banyak orang mulai mengeluh saat menggunakannya. Mungkin karena hal ini di Windows 8 Windows DVD Maker ditiadakan.

7. Parental Controls 

Parental Controls juga merupakan aplikasi basic di Windows 7, namun di Windows 8 kamu tidak bisa menemukannya.

Aplikasi Parental Controls di Windows 8 digantikan dengan Family Safety yang mempunyai sama, yaitu untuk mengontrol penggunaan komputer untuk anak ataupun anggota keluarga yang lain.

8. Windows CardSpace 

Satu lagi fitur yang benar-benar dihilangkan oleh Microsoft dari Windows 7 ke Windows 8 adalah Windows CardSpace. PG saja tidak pernah menggunakan aplikasi satu ini di WIndows 7. Mungkin karena penggunaannya yang tidak populer, aplikasi ini dihilangkan.

9. Backup and Restore 

Yang terkahir adalah Backup and Restore, di Windows 7 kamu akan menemukan fitur ini. Backup and Restore adalah salah satu fitur yang dibutuhkan orang, di Windows 7 kamu dapat mengaturnya sesuai jadwal. Namun di Windows 8 fitur ini digantikan dengan File History yang mempunyai fungsi sama.

Related

Technology 7630937494269334591

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item