5 Sinetron dengan Promosi Terheboh di Indonesia (Bagian 1)


Sebagus apa pun suatu produk, jika tidak diperkenalkan dengan benar pada masyarakat, akan sulit terjual.

Demikian juga yang terjadi di industri sinetron. Sebaik apa pun penggarapannya dan seterkenal apa pun artis pendukungnya, tidak akan ditonton jika tanpa promosi yang gencar. PH dan stasiun TV sadar betul kekuatan promo. Perhatikan jika ada sinetron baru yang episode perdananya hendak tayang, promonya hampir selalu ada di setiap jeda iklan.

Promonya pun dibuat semenarik mungkin. Jika kekuatan suatu sinetron terletak pada bintang pendukungnya, klip promo akan menonjolkan penampilan artis-artis terkenal. Kalau suatu sinetron mengandalkan aksi atau fantasi, promonya lebih menitikberatkan pada adegan-adegan fighting atau efek khusus.

Beberapa tahun belakangan, promo suatu sinetron belum tentu merupakan cuplikan adegan dari sinetron yang dimaksud. Bisa saja gimmick. Yang penting, mencuri perhatian. Seperti ketika sinetron Manohara (RCTI) hendak tayang. 

Dalam promo, pemirsa bisa melihat sosok Manohara Odelia yang berkerudung menangis tersedu-sedu, bersimpuh di kaki seorang laki-laki, dan menatap sendu di jendela berteralis, seolah terkekang.

Promo ini membuat sejumlah penonton menduga bahwa sinetron Manohara merupakan kisah nyata Manohara yang kala itu baru kembali ke Jakarta setelah dianiaya Pangeran Kelantan. Nyatanya tidak. Sinetron Manohara” hanyalah fiksi. Memang menyoal seorang istri yang disia-siakan suaminya, tapi tokoh “Manohara” bukanlah seorang istri Pangeran Kelantan. 

Malah, ada sinetron lain berjudul Tangisan Issabela (Indosiar) yang tayang bersamaan, lebih frontal. Berkisah soal gadis yang dipaksa nikah dengan pangeran Malaysia lalu disiksa. Lengkap dengan setting kerajaan dan karakter berlogat Melayu.

Selain promo Manohara, ada beberapa sinetron lain yang promonya unik dan bukan sekadar cuplikan adegan. Berikut ini di antaranya:

1. Dia Jantung Hatiku

Naysilla Mirdad terkena serangan jantung! Ini mungkin menjadi trending topic di kalangan ibu-ibu arisan pada bulan Desember 2010. Padahal ini merupakan bagian promo sinetron “Dia Jantung Hatiku” (RCTI). Dalam sinetron itu, Naysilla memerankan karakter bernama Aida yang mengidap kelainan jantung sejak kecil. Namun, dalam promo, diperlihatkan bahwa Naysilla yang sedang “take” mendadak tersungkur di lokasi syuting. 

Sutradara, kru, dan pemain lain pun bergegas membawa Naysilla ke mobil dan menuju rumah sakit. Dalam sebuah promo yang muncul selanjutnya, Dude Harlino yang menjadi lawan mainnya berujar; “Pemirsa, sampai saat ini kondisi Nay masih kritis…” Semua promo jelas menyebut nama “Nay”, bukan “Aida”, karakter yang diperankan Naysilla dalam sinetron produksi SinemArt itu.

Promo lain menunjukkan sejumlah artis SinemArt; Nikita Willy, Rezky Aditya, Alyssa Soebandono, Asmirandah, Nabila Syakieb dan lain-lain terlihat panik dan berduyun-duyun menengok Nay di rumah sakit. “Kita tunggu aja gimana keadaannya Nay. Kita doain semoga cepat sembuh,” ucap Alyssa Soebandono dalam klip promo lainnya. 

Penyebutan nama “Nay” ini yang membuat orang mengira Naysilla Mirdad benar-benar sakit jantung dan dalam kondisi kritis. Sayangnya promo heboh ini ternyata tak mampu membuat “Dia Jantung Hatiku” berumur panjang. Sinetron ini tamat di episode 47.

2. Cinta Fitri Season 7

Tiap jeda antar season, promo Cinta Fitri selalu mengundang perhatian. Penonton selalu bertanya-tanya bagaimana kelanjutan kisah Fitri-Farel-Mischa. Promo yang sedikit berbeda bisa dilihat jelang penayangan musim terakhir. 

Setelah 6 season tayang di SCTV, sinetron produksi MD Entertainment itu pindah rumah ke Indosiar pada tahun 2011. Sebelum promo adegan tayang, muncul klip pemain-pemain inti Cinta Fitri menyanyikan lagu “Indonesia Raya”.

Dalam klip berdurasi 2 menit 15 detik itu, terlihat pemain pria seperti Teuku Wisnu dan Adly Fayruz memakai kemeja batik, sementara pemain perempuan seperti Shireen Sungkar dan Dinda Kanyadewi mengenakan kebaya.

Promo lain, memperlihatkan Shireen dan Wisnu, yang berperan sebagai Fitri dan Farel, berpromosi bahwa Cinta Fitri Season 7 bakal hadir di Indosiar. Klip ini diakhiri dengan pemunculan Mischa yang berkata “Mereka pikir dengan pindah ke Indosiar semuanya akan berakhir? Salah. Semuanya pasti lebih seru!” 

Pindah rumah, pamor Cinta Fitri Season 7 tidak secemerlang sebelumnya. Tak bisa dipungkiri, sebelum MD masuk Indosiar, primetime Indosiar identik dengan acara Take Me Out dan segala turunannya (Take Him Out, Take a Celebrity Out), bukan sinetron. Namun toh sinetron ini berhasil bertahan sampai 109 episode.

Baca lanjutannya: 5 Sinetron dengan Promosi Terheboh di Indonesia (Bagian 2)

Related

Entertaintment 6277147528956018624

Recent

item