Asal Usul dan Fakta di Balik 8 Meme Paling Terkenal di Dunia


Naviri Magazine - Meme sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang, khususnya remaja dan anak-anak muda, khususnya lagi yang akrab dengan internet dan media sosial. Meme kerap digunakan untuk mewakili ekspresi tertentu, baik ekspresi senang atau sedih, dan lain-lain. Fungsinya jadi semacam emoticon pada zaman sebelumnya.

Karena banyak digunakan, meme pun biasa berseliweran di kehidupan kita, khususnya di media sosial. Sebagian meme itu menjadi sangat terkenal, dan paling banyak atau paling sering muncul. Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya, bagaimana asal usul meme tersebut, dan berikut ini uraiannya.

Me Gusta

Me Gusta adalah sebuah Frase Colloquial dari bahasa Spanyol, 'Me Gusta', yang berarti I Like It. Pertama kali dibuat oleh ilustrator bernama Matt Oswald, dan diunggah ke Reddit, 4chan, Devian Art, juga di tumblr. 

Meme Me Gusta berfungsi untuk mengekspresikan rasa senang yang aneh pada suatu keadaan, yang, apabila orang lain melihatnya, akan mengira orang tersebut mengalami keterbelakangan mental. 

Meme ini juga dapat dipakai untuk mewakili respons suka terhadap sesuatu yang berbau dewasa. Sejauh ini, ada beberapa variasi dalam meme Me Gusta seperti 'No Me Gusta' yang menunjukan penolakan atau rasa kesal. 

Bitch Please

Meme ‘Bitch please’ adalah cuplikan ekspresi pemain basket bernama Yao Ming yang sedang tertawa terbahak-bahak saat jumpa pers, pada Mei 2009. Biasanya digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang lebih 'wah', mengekspresikan senyum menyindir, juga mengekspresikan 'ketidakmenyesalan' atas sesuatu yang telah diperbuat.

Setelah banyak modifikasi terhadap ekspresi ini, sekarang sudah muncul meme serupa yang berfungsi lain, seperti menunjukkan rasa jijik/takut dan penolakan, juga menunjukkan rasa acuh. 

You Don’t Say

“You Don’t Say?” adalah cuplikan wajah Nicholas Cage dalam film berjudul “Vampire Kiss”. Pada scene tersebut, Nicholas Cage menanyai asistennya. Karena mimik muka Nicholas yang lucu, mimik muka tersebut dijadikan meme pada rage comics. 

Meme “You Don’t Say” berfungsi untuk mengekspresikan tanggapan terhadap pernyataan lazim yang sudah diketahui semua orang. Atau pertanyaan retoris yang sudah pasti jawabannya, sehingga orang yang ditanya lebih memilih untuk menjawab secara sarkastik. 

Bad Luck Brian 

Sebenarnya, belum benar-benar diketahui siapa sosok di balik 'Bad Luck Brian'. Tetapi, ada klaim dari seorang Redditor, bahwa dirinya sosok di balik 'Bad Luck Brian'. Ia mengaku bernama Kyle, dan foto tersebut adalah foto yang diambil saat ia kelas 7. 

Ia sebenarnya sengaja memasang ekspresi seperti itu karena sedang di bawah tekanan kepala sekolahnya. Meme 'Bad Luck Brian' hanya berfungsi sebagai penggambaran orang yang sangat sial. Jika ada orang tersial di dunia, Brianlah orangnya. 

Forever Alone

Meme 'Forever Alone' pertama kali menyebar melalui 4chan pada 2009. Berdasarkan berbagai sumber, diketahui bahwa komik asli 'Forever Alone Guy' pertama berjudul 'April Fools'. Komik tersebut diunggah oleh pengguna FunnyJunk, dengan username Azuul. 

Meme 'Forever Alone' berfungsi untuk mengekspresikan rasa kesepian, dan kekecewaan terhadap dunia. 

OMG

Sebenarnya, ekspresi via meme ini belum diketahui siapa pencipta sesungguhnya. Tetapi, meme ini pertama kali muncul di website rage comics. Pada rage comics tersebut, diceritakan bahwa si pengguna ekspresi ini menyadari bahwa ia telah dibodohi. 

Meme OMG (raisins meme) berfungsi sebagai ekspresi terkejut, takjub, tidak bisa menerima keadaan, menyadari sesuatu, dan kesal. 

Poker Face 

Sejauh ini masih belum diketahui sejarahnya, tapi meme ini biasa digunakan untuk menggambarkan situasi aneh dan memalukan. Juga bisa diartikan sebagai muka rata, menunjukan tidak peduli dengan yang dibicarakan. 

Satu lagi info penting dari Poker Face, ia pernah mengalahkan judul lagu Lady Gaga, 'Poker Face', di mesin pencari google. 

Troll Face

Troll Face adalah meme berupa wajah yang mengekspresikan kejahilan. Penemu meme ini adalah Whynne (seorang user DeviantART). Sebenarnya, dalam post-nya, Whynne ingin menggambarkan karakter bernama 'Rape Rodent'. 

Kini, ekspresi tersebut sering digunakan untuk post-post dalam rage comics untuk mengekspresikan kejahilan. Mengekspresikan bahwa seorang karakter dalam komik sedang menjahili tokoh komik lain, atau menjahili seorang user (pembaca rage comics/meme). 

Karena tidak semua 'troll' (kejahilan) selalu berhasil, maka diciptakan pula 'failed-troll face' yang mengekspresikan ekspresi sedih, karena gagal menjahili. 

Related

Entertaintment 2836669951261411022

Recent

item