Happy World Introvert Day! Ini Deretan Artis Korea dengan MBTI Introvert


Tanggal 2 Januari diperingati sebagai World Introvert Day atau Hari Introver Sedunia sejak 2011. Hari istimewa ini berasal dari seorang psikolog sekaligus penulis buku Felicitas Heyne

Pada 20 September 2011, ia menulis artikel berjudul Here's Why We Need Introvert Day di situs web ipersonic.com. Dalam artikelnya, ia menulis bahwa kaum introvert kerap mengalami kesulitan dalam kehidupan bermasyarakat yang didominasi para ekstrovert.

Karena kesulitan ini, para introver jadi lebih mudah stres, dan akhirnya tertarik mengonsumsi obat-obatan untuk menenangkan diri. Di sisi lain, mereka adalah orang-orang yang punya bakat luar biasa yang bisa mengubah dunia. 

Misalnya saja Albert Einstein, Ludwig Wittgenstein, Charles Darwin, Friedrich Nietzsche, Albert Schweitzer, Mother Teresa, Ingrid Bergman, Audrey Hepburn, hingga Alfred Hitchcock.

Karena itulah, para introver butuh hari khusus untuk mengumpulkan energi dengan dibiarkan sendiri. Felicitas menyebut bahwa 2 Januari adalah waktu yang tepat karena akhir tahun adalah hari yang berat bagi introver, akibat harus menjalani serangkaian pertemuan atau pesta liburan akhir tahun.

Berikut para artis Korea dengan hasil tes psikologi MBTI yang menandakan mereka seorang introver. Perlu dicatat bahwa tes MBTI tidak sepenuhnya diakui oleh para psikolog.

Para ahli hanya mengakui tes kepribadian Big Five karena tes ini sudah teruji secara psikometrik (ilmu pengukuran psikologis). Walaupun begitu, sebagian psikolog tetap membolehkan tes ini dipakai masyarakat.

1. INFJ

INFJ mengacu pada orang-orang yang misterius, inspiratif, dan idealis. Yang termasuk dalam INFJ adalah Cha Eun-woo, Mark NCT, Wonwoo, Woozi dan The8 SEVENTEEN, IU, Kai EXO, Solar MAMAMOO, dan JB GOT7.

2. INFP

Orang-orang INFP disebut sebagai sosok yang puitis, penuh belas kasih, dan senang menolong. V BTS, Taemin SHINee, Tablo dan Tukutz Epik High, Yugyeom GOT7, Bobby iKON, S. Coups, Woozi, dan B.I SEVENTEEN, Momo dan Chaeyoung TWICE, Yeri Red Velvet, dan Sehun EXO, termasuk dalam kategori ini. Begitu juga Kim Sook, Min Hyo-rin, dan Kang Ye-won.

3. INTJ

Mereka adalah sosok yang imajinatif, punya perhatian pada detail, dan selalu punya rencana hidup. Ryujin ITZY, Naeun APINK, dan Dawon SF9 termasuk dalam kategori ini.

4. INTP

INTP adalah orang yang inovatif dan selalu haus ilmu. Jin, Suga, serta Jungkook BTS termasuk dalam hasil tes MBTI ini. Begitu juga Jae DAY6, Wheein MAMAMOO, Renjun NCT, dan Minhee Cravity.

5. ISTJ

Mereka orang yang praktis dan sangat individualistis, serta sangat bisa dipercaya. Yang termasuk dalam jenis MBTI ini adalah Mark Tuan GOT7,Seohyun Girls' Generation, dan Changsub BtoB.

6. ISTP

ISTP dikenal sebagai seorang eksperimental dan jago dalam hal-hal teknis. Mereka yaitu Han Stray Kids. Nayeon TWICE, dan Hong Jin-kyung.

7. ISFP

Mereka adalah orang-orang yang fleksibel, senang petualangan, dan penuh pesona. Soobin TXT, Dowoon DAY6, Mina dan Tzuyu TWICE, Baekhyun EXO, Jeno NCT, dan Jinhwan iKON disebut masuk dalam hasil tes MBTI ini.

8. ISFJ

Mereka orang yang sensitif dan sangat lihai dalam hal analisis. Mereka juga orang yang konservatif, tapi fleksibel dengan perubahan. Yang termasuk dalam ISFJ adalah Jaemin NCT, Dahyun dan Jeongyeon TWICE, Ye ji ITZY, dan Shen Xiao Ting Ke1per.

Related

Psychology 26951386129506288

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item