Ini 5 Makanan Kaya Antioksidan yang Sangat Penting untuk Kesehatan


Naviri Magazine - Antioksidan adalah zat yang bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel, serta menjaga kulit tetap segar dan awet muda. Berdasarkan penelitian, antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayuran berwarna ungu. Warna ungu pada buah-buahan dan sayuran diindikasikan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dibanding buah atau sayuran yang tidak berwarna ungu. 

Hasil studi yang dirilis National Health and Nutrition Examination Study menyebutkan, orang dewasa yang rajin mengonsumsi buah dan sayuran berwarna ungu memiliki berat badan yang stabil. Selain itu, umumnya mereka cenderung langsing dan tidak memiliki berat badan berlebih, serta memiliki tekanan darah dan kandungan HDL dalam darah yang stabil. 

Dari situlah kemudian para peneliti mengembangkan studinya terhadap buah dan sayuran berwarna ungu, hingga menemukan anthocyanin, yaitu pigmen dalam buah dan sayuran berwarna ungu yang berfungsi sebagai antioksidan.

Berikut ini buah-buahan dan sayuran berwarna ungu yang penting dikonsumsi, karena mengandung antioksidan.

Plum

Dibanding buah lain, buah plum mungkin kurang terkenal, khususnya di Indonesia. Namun kita bisa mendapatkannya di toko buah atau di supermarket. Sama seperti buah lain, plum bisa dinikmati secara mudah.

Kol ungu

Ada kol putih, ada pula kol ungu. Untuk mendapatkan antioksidan, Anda harus memilih kol ungu. Kol jenis ini rasanya manis, dan bisa dijadikan salad dressing atau lalapan.

Terong ungu

Terong ungu adalah sayuran yang mudah didapatkan, enak, serta harganya murah. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk sayur atau sajian lainnya.

Anggur ungu

Ada anggur hijau, ada pula anggur ungu. Umumnya, orang lebih menyukai anggur ungu, karena bentuk dan warnanya yang lebih menggiurkan. Selain itu, anggur ungu juga mengandung antioksidan. 

Bit

Bit adalah jenis umbi yang kaya antioksidan, serta dapat dimanfaatkan sebagai penambah darah. Bit bisa dikonsumsi dalam bentuk jus segar.

Related

Health 5844966284080004579

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item