Jangan Buru-buru Percaya Omongan Penjual, Ini Cara Memilih Durian yang Enak


Naviri Magazine - Banyak orang menyukai durian, dan kenyataannya durian pun terkenal sebagai buah yang nikmat. Meski harganya mahal—setidaknya jika dibandingkan buah lain umumnya—durian sering dicari para penggemarnya. Seperti pada beberapa buah lain, durian juga memiliki penggemar fanatik.

Bagi yang sudah biasa menikmati durian, mungkin urusan memilih durian bukan perkara sulit. Namanya juga sudah biasa. Namun, bagi yang belum biasa, proses memilih durian kadang menjadi masalah. Ketika dilihat di tempat yang jual, durian tampak sudah matang. Tapi ketika dibuka di rumah untuk dinikmati, ternyata masih mentah.

Ada kalanya pula, kita memilih durian yang kita sangka enak, tapi ternyata rasanya tidak seenak yang kita bayangkan. Banyak orang yang pernah kecewa karena keliru memilih durian yang dibelinya. Lalu bagaimana sebenarnya cara mudah memilih durian yang enak? Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda perhatikan.

Jangan lihat fisik

Buah durian memiliki warna hijau, kuning, hingga kecoklatan. Setiap warna buah belum tentu merepresentasikan kualitas durian. Warna hijau tak selalu belum matang. Begitu pun warna kuning juga belum tentu telah matang. Durian lokal atau yang tumbuh di Indonesia yang berwarna hijau berarti telah matang.

Bunyi durian

Ternyata, untuk memilih durian dapat ditentukan dari bunyi durian yang dipukul-pukul. Jika durian berbunyi “dem dem” berarti itulah durian yang siap untuk Anda makan. Sementara jika berbunyi kencang ketika dipukul, berarti durian masih belum matang.

Tangkai buah

Buah durian yang jatuh langsung dari pohon memiliki kualitas daging yang matang. Durian berkualitas baik diambil ketika jatuh, bukan dipaksa dipetik dari pohon. Jika buah dipetik dari pohon, terlihat tangkainya halus, maka buah itu dipotong dengan menggunakan pisau. Sementara, tangkai yang tidak rata menunjukkan buah jatuh alami.

Perhatikan musim

Musim ketika tumbuh juga mempengaruhi kualitas daging durian. Jika durian yang dihasilkan ketika musim hujan biasanya daging durian akan gagal mencapai kualitas terbaik. Musim yang disarankan untuk melahap kelegitan buah ini adalah ketika musim kemarau.

Aroma durian

Sambil melihat fisik durian, cobalah untuk mencium aroma wanginya. Buah durian yang matang, walaupun belum dibuka kulitnya, aromanya sudah menembus. Dekatkan hidung dan hirup aromanya. Jika sudah tercium wanginya, berarti durian itu sudah matang.

Related

Tips 4631289834826908626

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

Banner BlogPartner Backlink.co.id
item