Kisah-kisah Stuntman yang Tewas Saat Syuting Film (Bagian 3)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah-kisah Stuntman yang Tewas Saat Syuting Film - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Bennie Dobbins - Red Heat (1988) 
Pemeran pengganti sekaligus sutradara, Bennie Dobbins, mengalami serangan jantung yang fatal saat proses adegan perkelahian dalam kondisi lingkungan yang begitu dingin di luar Austria. Adegan itu mengharuskan Arnold Schwarzenegger dan aktor lain bertarung di salju yang tebal dan dalam. 

Dobbins terlalu memaksakan diri untuk memasang kipas pemanas di salju, untuk mencegah para aktor menderita hipotermia. Sutradara film berkebangsaan Amerika tersebut meninggal hari Jumat, setelah menderita serangan jantung saat syuting film. 

Sutradara berusia 56 tahun tersebut pingsan selama pembuatan film Red Heat yang berlangsung di wilayah dekat sektor ski Austria pusat Schladming, kata pihak berwenang. Dia diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter, namun seorang dokter kemudian menyatakan nyawa Bennie tidak dapat diselamatkan. 

Clint Carpenter - Hired to Kill (1989)

Pemeran pengganti, Clint Carpenter, tewas bersama 3 orang lainnya, dan seorang pilot terluka, setelah helikopter yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan di Corfu, Yunani. 

Jay C. Currin - Bikini Island (1991)

Pemeran pengganti Jay C. Currin meregang nyawa di hari pertama proses syuting adegan ketika dia melakukan aksi terjun dari lembah dengan ketinggian 55 kaki. Aksinya mengalami kegagalan, sehingga tidak terhindarkan lagi tubuhnya menghantam bebatuan lembah, meski kantong udara sudah disediakan untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. 

Tip Tipping - 999 (1993)

Tip Tipping tewas saat adegan di pesawat. Pada waktu itu, dia harus terjun dari pesawat, namun parasut yang ditujukan untuk menyelamatkannya tersangkut roda pesawat. 

Tip Tipping berusaha mengatasi parasut yang tersangkut itu, tapi masalah lain muncul. Pesawat Cessna yang dinaikinya jatuh di hutan di dekat Ellingham, Northumberland. Dia dinyatakan meninggal ketika pihak medis tiba di lokasi kejadian. 

Sonja Davis - Vampire in Brooklyn (1995)

Angela Bassett, aktris yang bermain dalam film Black Panther (2018), pernah digantikan perannya oleh Sonja Davis saat harus melakukan aksi berbahaya. Naas, Sonja tewas ketika melakukan aksi terjun yang berujung kematian akibat terjadi suatu kesalahan. 

Tewasnya Sonja membuat rumah produksi Paramount Pictures dikenai denda 50 juta dolar, berdasarkan tuntutan hukum yang diterimanya akibat kejadian tragis itu. 

Collin Dragsbaek - Love Serenade (1996)

Selama proses pengambilan adegan di atas Silo, pemeran pengganti Collin Dragsbaek (pengganti karakter George Shetsov) tewas ketika jatuh dari ketinggian, akibat kantong udara yang dikenakannya tidak mau terbuka. 

Chris Lamon - Exit Wounds (2001)

Proses syuting berlangsung di Hamilton, Ontario. Sebuah van digandeng di sepanjang jalan menanjak dan menurun untuk adegan kejar-kejaran. Pemeran pengganti, Chris Lamon, dan seorang temannya, diharapkan mampu keluar dengan berguling dari van tersebut dengan aman. 

Tapi sayang, kepala Lamon terjepit. Dia sempat mendapat perawatan, namun meninggal enam hari kemudian. 

Harry L. O'Connor - xXx (2002)

Pemeran pengganti untuk aktor Vin Diesel, Harry L. O'Connor, tewas selama proses produksi film ketika ia melakukan adegan mendarat dengan parasut yang seharusnya mendarat tepat menuju kapal selam. Sayang, dengan kecepatan yang tidak diduga, Harry justru menabrak jembatan dengan kecepatan tinggi, dan tewas seketika di tempat kejadian. 

Adegan dirinya sebelum menabrak jembatan diikutsertakan dalam film, namun adegan tewasnya Harry dihilangkan. 

Lu Yanqing - Red Cliff (2008-2009)

Ketika memfilmkan adegan sebuah perahu kecil terbakar, dan ditujukan untuk menenggelamkan perahu yang lebih besar, api ternyata cepat menyebar, sehingga membakar pemeran pengganti Lu Yanqing hingga tewas, dan enam orang lainnya mengalami luka bakar. 

Liu Kun - The Expendables 2 (2012)

Proses syuting berlangsung di Elin Pelin, Bulgaria. Kejadian naas menimpa seorang pemeran pengganti yang tewas, dan satu lainnya mengalami kondisi kritis ketika terlibat adegan ledakan perahu karet. Seorang pemeran pengganti yang kritis berhasil selamat, setelah menjalani operasi selama 5 jam. 

Alan D. Purwin - American Made (2017)

Pemeran pilot pengganti, Alan D. Purwin, beserta asisten pilot Venezuela bernama Carlos Berl, tewas ketika pesawat mereka mengalami kecelakaan saat proses syuting film berlangsung di Medellín, Colombia. Tig orang lainnya, yang saat itu berada di pesawat, berhasil selamat.

John Bernecker - The Walking Dead (2017)

Pada 13 Juli 2017, pemeran pengganti bernama John Bernecker mengalami cedera parah di kepala, setelah jatuh dari ketinggian lebih dari 20 kaki di sebuah balkon, menghantam dasar lantai yang keras ketika melakukan suatu adegan. Dia tewas di hari berikutnya. 

Joi "SJ" Harris - Deadpool 2 (2018)

Pada 14 Agustus 2017, Joi "SJ" Harris, yang merupakan pemeran pengganti wanita, tewas ketika proses syuting berlangsung, setelah kehilangan kendali terhadap sepeda motor yang dikendarainya saat melaju kencang ke sudut jalan, dan menabrak jendela kaca yang ada di depannya.

Related

Film 4399557701669839656

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item