Kisah-kisah Stuntman yang Tewas Saat Syuting Film (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah-kisah Stuntman yang Tewas Saat Syuting Film - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Janos Prohaska - Primal Man (TV Series - 1974)

Aktor sekaligus pemeran pengganti Janos Prohaska beserta putranya, Robert, dan 34 orang lainnya, tewas dalam kecelakaan pesawat saat proses syuting adegan serial televisi berjudul Primal Man. 

Janos dan putranya tewas dalam kecelakaan tragis yang terjadi pada 13 Maret 1974, sekitar 8 tahun setelah episode "Beauty Is As Beauty Does" ditayangkan. Namanya dicantumkan sebagai "Identitas Asli Blackhawk", seorang pilot berkebangsaan Polandia dalam Perang Dunia ke-II dari DC Comics. 

Jim Sheppard - Comes a Horseman (1978)

Melangsungkan adegan saat karakter Jason Robard harus dimatikan dalam film, Jim Sheppard yang menggantikannya malah terbunuh ketika kuda yang ditungganginya menyeret tubuhnya berbelok keluar arena, dan menyebabkan kepalanya membentur pagar pembatas. 

Adegan tersebut masuk dalam film, meskipun dipersingkat sesaat sebelum kuda melewati pagar pembatas yang menyebabkan tewasnya Sheppard. 

A.J. Bakunas - Steel (1979)

Bakunas adalah pemeran yang menggantikan aksi George Kennedy, dalam adegan terjun dari Menara Kincaid di Lexington, Kentucky. Bakunas berhasil melakoni adegan terjun dari lantai 9 gedung. 

Tetapi, Bakunas kemudian merasa tersaingi Dar Robinson, yang berhasil mematahkan rekornya terjun dari ketinggian yang melebihi ketinggian yang dicapainya, dalam event yang sama sekali tidak berkaitan dengan film. 

Bakunas pun kembali melakukan adegan jatuh dari ketinggian 300 kaki (91 meter) dari sebuah gedung bertingkat. Bakunas melakukannya seperti seorang ahli. Namun sayang, kantong udara yang dikenakannya robek, dan ia menghunjam daratan tanpa perlindungan yang mengakibatkan dirinya tewas. 

Jayan - Kolilakkam (Shockwave, 1980)

Stuntman India, bernama Jayan, tewas saat melakoni adegan ketika helikopter yang ia tumpangi mengalami kecelakaan. Jayan dulunya prajurit Angkatan Laut India, sebelum masuk ke ranah perfilman, dan namanya sempat dikenal banyak orang walaupun tidak berlangsung lama. Ia biasa berperan sebagai tokoh patriot dalam film yang rilis di tahun 1970-an. 

Jayan meninggal di usia 41 tahun, ketika dalam masa puncak ketenaran, akibat kecelakaan saat proses produksi film yang melibatkan helikopter, ketika ia bergantung pada helikopter tersebut. Naas, helikopter mengalami kecelakaan. Setelah kejadian itu, dia diabadikan sebagai simbol legenda keberanian, inspirasi, dan panutan bagi perfilman India hingga saat ini. 

Paolo Rigon - For Your Eyes Only (1981)

Selama pengambilan adegan kejar-kejaran menggunakan kendaraan luncur salju (bobsleigh) berkecepatan tinggi, ada 4 pengemudi kendaraan luncur yang keluar jalur lintasan, hingga menabrak sebuah pohon. Salah satu pengemudinya, yang merupakan pemeran pengganti muda bernama Paolo Rigon, tewas akibat kejadian itu. 

Selain itu, saat adegan James Bond dan Melina Havelock terseret di sepanjang lautan, pemeran yang menggantikan aksi mereka mengalami luka robek dan beberapa sayatan, ketika punggung mereka bergesekan dengan karang di lautan Bahama. 

Jack Tyree - The Sword and the Sorcerer (1981)

Jack Tyree tewas setelah melakukan aksi terjun dari ketinggian di Taman Griffith, Los Angeles. Saat ia melakukan aksi terjun dari ketinggian 78 kaki dengan kostum yang berat, kantong udara yang dikenakannya macet tidak keluar, sehingga tubuhnya menghunjam daratan dengan keras. 

Jim Bailey - That's Incredible! (1981)

Maret tahun 1981 di Wilayah Pu'unene, Hawaii. Pemeran pengganti berkebangsaan Australia, Jim Bailey, mencoba bergantung di bawah pesawat bermesin tunggal. 

Malangnya, dalam keadaan lepas landas, pengaman yang dikenakannya terlepas, menyisakan dirinya teruntai di bawah roda depan pesawat, hingga ikut terbang dengan ketinggian sekitar 500 kaki di atas permukaan tanah, sebelum akhirnya tewas karena jatuh dari ketinggian tersebut. 

David Perrin - High Road to China (1983)

Saat produksi film berlangsung di Yugoslavia, sebuah helikopter mengalami kecelakaan ketika dalam perjalanan menuju lokasi. 

Tiga korban yang mengalami kejadian naas itu antara lain pilot helikopter Nigel Thornton, pemeran pengganti pilot David Perrin, dan ahli mekanik Jaron Anderson. Semuanya tewas dalam kecelakaan helikopter tersebut. 

Ken Carter - Peterborough Jump (1983)

Pada 5 September 1983, pemeran pengganti berkebangsaan Kanada, Ken Carter, mencoba melompati sebuah telaga di Peterborough, Ontario, dengan mobil Pontiac Firebird yang ditenagai roket. 

Dia melewati tujuan pendaratan, sehingga mobil yang dikendarainya jatuh terbalik dengan atap mobil berada di posisi bawah. Dia tewas dalam kecelakaan itu.

Dar Robinson - Million Dollar Mystery (1987)

Pemeran pengganti Dar Robinson tewas dalam kecelakaan motor, setelah melakukan aksi berbahaya untuk tujuan adegan dalam film, meski pihak medis di lokasi telah dikerahkan. Robinson dikenal karena lompatannya melewati Menara CN Toronto. Namun, dalam aksinya kali ini dia gagal, dan berakhir tragis bagi dirinya. 

Victor Magnotta - The Squeeze (1987)

Pemeran pengganti berpengalaman, Victor Magnotta, tenggelam saat melakukan aksi mengendarai mobil dari dermaga Hoboken dan terjun ke Sungai Hudson. Dia tewas akibat terjepit di dalam mobil, dan tidak bisa keluar sebelum tenggelam. 

Pukul 5:14 sore, Magnotta mengemudikan mobil dengan kecepatan 40 hingga 55 meter per jam, menurut polisi Hoboken. Adanya tabrakan menyebabkan sebagian atapnya ringsek. Penyelam tidak mampu mengeluarkan Magnotta dari mobilnya. Lalu truk derek dikerahkan untuk menarik mobil keluar dari air, berikut Magnotta di dalamnya. 

Usaha itu memakan waktu 24 menit, menurut Letnan Kiely. Magnotta dibawa ke Rumah Sakit St. Mary di Hoboken, tempat ia dinyatakan meninggal pada jam 6:27 malam. 

Baca lanjutannya: Kisah-kisah Stuntman yang Tewas Saat Syuting Film (Bagian 3)

Related

Film 1971076119937900244

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item