Kisah Pembantaian Kejam Warga Bosnia di Srebrenica


Naviri Magazine - Srebrenica adalah nama kota di Bosnia Herzegovina. Kota ini menyimpan kenangan buruk terkait genosida massal oleh tentara Serbia pimpinan Ratko Mladic. Peristiwa itu sangat berbau rasisme antara suku Serbia dengan muslim Bosnia. 

Dalam waktu 3 minggu, pasukan Serbia pimpinan Ratko Mladic menewaskan 8.300 warga muslim Bosnia. Itu adalah genosida massal terbesar setelah Perang Dunia II, dan terjadi sebelum peristiwa genosida di Rwanda.

Dunia barat sangat terlambat dalam mengatasi perang Serbia-Bosnia, dan PBB tampak ragu-ragu mengatasinya. Padahal kekejaman di sana sangatq brutal. Para wanita, anak-anak, dan orang tua, disuruh lari ke sungai dan ditembak. Banyak saksi yang melihat peristiwa itu. 

Tempat pembantaian itu ditemukan beberapa tahun kemudian, lewat bantuan citra satelit AS. Kini, Memorial Srebrenica berdiri tegak, memuat 8.340 nama korban muslim Bosnia. Ratko Mladic ditangkap pada 2006, namun sebagian warga Serbia menganggap Ratko Mladic adalah pahlawan.

Kisah pembantaian di Srebrenica telah diangkat ke film, di antaranya berjudul Hunting Party dan Behind Enemy Lines.

Related

History 2083283098527067711

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item