Makan Jangan Buru-buru, Ini Manfaat Mengunyah Makanan dengan Benar


Naviri Magazine - Bagaimana cara makan dengan benar? Makan dengan benar tidak hanya melibatkan makanan apa yang kita makan, namun juga cara makan. Artinya, setelah kita memilih makanan yang baik dan sehat, kita juga perlu makan dengan benar. Salah satunya adalah makan dengan perlahan, tidak terburu-buru, sehingga makanan dalam mulut bisa dikunyah sampai benar-benar halus.

Makan dengan benar, dalam hal ini mengunyah dengan benar, sangat membantu tubuh dalam proses pencernaan, yang pada akhirnya ikut mendukung kesehatan. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengunyah makanan dengan benar.

Cepat kenyang

Pada waktu Anda makan secara perlahan, otak akan mengirimkan sinyal yang membuat Anda merasa lebih kenyang. Hal itu akan mengurangi dorongan untuk makan secara berlebihan. Mengetahui kapan Anda harus berhenti makan bisa membantu penurunan berat badan, atau mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan.

Membantu pencernaan

Ketika mulut mengunyah makanan, air liur memecah partikel makanan dan melembutkannya. Hal itu membuat makanan mudah masuk ke sistem pencernaan. 

Enzim alpha amilase dan lipase lingual yang diproduksi kelenjar ludah dapat membantu memecah karbohidrat dan lemak. Hal itu tidak terjadi, atau tidak maksimal, jika Anda makan terburu-buru.

Membersihkan mulut

Mengunyah dengan benar dapat membantu melawan bau mulut. Selain itu, air liur yang diproduksi selama proses mengunyah akan dapat membunuh bakteri berbahaya, serta menghilangkan partikel makanan di sekitar gigi.

Memproduksi air liur

Mengunyah dengan benar dapat mendorong produksi air liur. Air liur dapat membantu melembutkan dan mengubah tekstur makanan. Selain itu, mengunyah dengan benar juga membantu penyerapan nutrisi makanan yang diserap oleh air liur. 

Dengan kata lain, mengunyah makanan dengan benar sebelum menelannya dapat mengurangi masalah dalam sistem pencernaan.

Related

Health 6739725263274629464

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item