Musuh Terbesar Gajah Bukan Hewan-hewan Lain, tapi Manusia


Naviri Magazine - Musuh terbesar gajah adalah manusia. Gajah yang sehat tidak memiliki pemangsa alami kecuali manusia. Berat tubuh mereka, kekuatan, dan tingkah laku gajah yang biasa hidup berkelompok, secara alami telah melindungi mereka dari kemungkinan dimangsa oleh hewan-hewan pemburu. 

Ketika salah satu gajah ada yang terluka, maka kumpulan gajah biasanya akan tinggal bersamanya, menjauhkan diri dari para pemangsa seperti jenis kucing-kucing besar. Mereka juga melindungi bayinya dengan sangat hati-hati dan bersama-sama. 

Namun, dalam kekompakan serta kekuatan itu pun, mereka sering kali kalah ketika menghadapi perburuan manusia.

Mengapa manusia membunuh gajah?

Beberapa orang membunuh gajah, karena hewan besar itu mengancam rumah dan lahan pertanian mereka. Namun, sering kali, gajah dibunuh karena taring mereka yang terbuat dari gading. 

Pada masa lalu, gading gajah digunakan untuk membuat bidak catur, benda-benda ukiran, tuts piano, hingga gigi palsu—yang semuanya berharga mahal. Karena itu banyak orang yang memburu gading untuk kepentingan uang. 

Pada masa sekarang, penjualan gading gajah melanggar hukum internasional, meski hal itu diperkirakan masih berlangsung dalam perdagangan gelap.

Related

Science 102557618884669703

Recent

item