Priapismus, Masalah Seks Akibat Ereksi Berkepanjangan


Naviri Magazine - Penis yang ereksi dibutuhkan pria untuk berhubungan seks dengan pasangannya. Untuk mendapatkan ereksi, penis membutuhkan tiga hal: aliran darah sehat, sistem saraf yang sehat, dan gairah seksual (libido). 

Jika arus darah yang mengarah ke penis tidak bekerja dengan benar, misalnya pembuluh darah di penis terlalu sempit, Anda mungkin akan mengalami kesulitan mencapai atau mempertahankan ereksi.

Masalah aliran darah, di samping masalah kondisi medis dan psikologis lainnya, merupakan penyebab utama disfungsi ereksi (impotensi). Dalam hal itu, sebagian orang kadang menggunakan obat kuat untuk mengatasi masalahnya. Kerja obat kuat difungsikan untuk melemaskan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke penis semakin lancar.

Di sisi lain, jika Anda sembarangan minum obat kuat tanpa konsultasi dokter terlebih dulu, salah satu risiko efek samping obat kuat yang mungkin muncul adalah priapismus. Priapismus terjadi ketika ereksi berlangsung lama, lebih dari empat jam, tanpa mengalami gairah dan/atau mendapatkan kepuasan seksual sama sekali.

Normalnya ereksi terjadi ketika penis Anda dipenuhi aliran darah, dan kemudian terperangkap dalam batang penis hingga timbul orgasme, ketika kelebihan darah ini akhirnya meninggalkan penis. Priapismus terjadi ketika efek aliran darah yang timbul setelah minum obat kuat malah terlalu deras, sehingga tidak dapat mengalir melewati batang penis. 

Akibatnya, lama kelamaan darah berubah menjadi asam, dan membeku karena kehilangan oksigen setelah mengendap di penis terlalu lama. Sel-sel darah merah yang terjebak dalam penis sulit untuk keluar dari penis dan kembali lagi ke jantung. 

Priapismus bisa berujung pada disfungsi ereksi dan/atau cacat fisik penis, misalnya penis bengkok atau bahkan bisa patah, bagi pria yang sebelumnya tidak pernah memiliki masalah ini. Jika Anda mengalami ereksi berkepanjangan bahkan setelah berjam-jam usai mengonsumsi obat kuat, segera kunjungi UGD terdekat.

Related

Sexology 8818154847352660146

Recent

item