Segini Besaran Honor Ustaz Kondang Indonesia, Siapa yang Paling Kaya?


Sebagai negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak ustaz  dan ustazah yang sering memberikan dakwah dan menyebarkan kebaikan agama kepada para umat Islam di Indonesia. Para Ustaz terkenal itu pun kabarnya memiliki bayaran yang cukup besar setiap berdakwah. Benarkah?

Pada tahun 2002 silam, pernah terbersit kabar jika Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym untuk sekali berdakwah mematok tarif 100 ribu USD pada bulan Ramadhan. Alhasil banyak program televisi yang berebut ingin memakai jasa pria berdarah Jawa Barat tersebut.

Belum diketahui kebenaran tarif Aa Gym, yang jelas bocornya nilai tersebut memicu pro dan kontra banyak orang. Tokoh Nahdatul Ulama (NU) Gus Solah mengatakan jika Aa Gym berdakwah bukan mencari uang melainkan ketulusannya menyebarkan ajaran Islam kepada masyarakat di Indonesia.

Selain Aa Gym, Ustaz yang terkenal di Indonesia adalah Ustaz Maulana. Ustaz yang kerap tampil di program Islam Itu Indah TransTV disebut-sebut memiliki honor sekitar Rp 25 juta. 

Dilansir dari Tribun Jateng, sempat ada kicauan dari seorang warganet di Twitter yang menyebutkan honor-honor beberapa Ustaz termasuk Ustaz Maulana. “Berapa tarif Mamah Dedeh untuk sekali ceramah? 40 jt. Ustadz Uje 25 jt, Ustadz Maulana 25 jt,” kata seorang warganet di Twitter kala itu. 

Ustaz Maulana sendiri pernah membantah soal nilai tersebut, Ia mengatakan dalam dakwah harus dilakukan dengan tulus meski tidak dibayar sekalipun. “Itu {dakwah) adalah kewajiban yang harus dilakukan, jadi tanpa dibayar pun kita harus lakukan,” tegasnya.

Sementara itu Ustaz Solmed pernah jadi pemberitaan pada 2013 silam saat diundan ceramah di Hong Kong. Kabarnya kala itu manajemen Ustaz Solmed meminta tambahan bayaran dari angka Rp 8 juta menjadi Rp 10 juta. Namun masalah tersebut sudah selesai karena ada kesalahpahaman saja. Ia pun tidak menentukan honor saat berdakwah dan tulus melakukan dakwah di depan masyarakat.

Satu lagi ustaz  yang terkenal di Indonesia adalah Ustaz Abdul Somad alias UAS. UAS mengatakan dalam ceramahnya jika ia tidak pernah memasang tarif ceramah. Tujuan ia berdakwah bukan memperoleh uang melainkan untuk mendapatkan cinta dari Allah SWT. Mulia banget kan para ustaz-ustaz tersebut. 

Related

Indonesia 2744857752948672833

Recent

item