Sejarah dan Asal Usul Ayam Goreng KFC yang Populer di Dunia


Naviri Magazine - Menyebut ayam goreng, mau tak mau akan membuat ingatan orang melayang pada KFC atau Kentucky Fried Chicken. Kenyataannya memang KFC merupakan penghasil ayam goreng enak sekaligus paling terkenal di dunia. 

Tidak ada ayam goreng lain yang mampu menyamai apalagi melebihi popularitasnya. Saat ini, KFC ada di berbagai negara di dunia, ada di hampir semua kota di setiap negara.

Kentucky Fried Chicken (KFC) didirikan oleh Harland Sanders, yang kerap dipanggil Kolonel Sanders karena sempat mengabdi pada militer Amerika Serikat. Setelah berhenti secara hormat di militer, Sanders menjajal banyak pekerjaan. Mulai dari pandai besi hingga pemadam kebakaran.

Pada 1930, Sanders mulai membuka restoran di North Corbin, Kentucky. Yang disajikan adalah masakan yang diajarkan ibunya, seperti ayam goreng ala Selatan dan steak. 

Butuh tujuh tahun hingga akhirnya bisnis kecil-kecilan ini merangkak perlahan. Saat itu restoran yang dimilikinya mulai menambah kapasitas, dan juga membangun motel. Sebab pelanggannya kebanyakan adalah musafir, para supir truk, dan para petualang yang ingin melintasi trek Appalachian.

Duncan Hines, seorang pejalan, tukang makan, dan yang kemudian mengenalkan sistem rating restoran bagi para pejalan, suatu saat pernah mampir di Sanders Cafe. Dia menyebut restoran ini pada buku Adventures in Good Eating yang diterbitkan pada 1939.

"Tempat ini sangat bagus, layak untuk dikunjungi ketika sedang berada di antara Cumberland Falls dan The Great Smokies. Masakan andalannya adalah steak, ayam goreng, ham, dan biskuit," tulis Hines.

Meski sudah lumayan terkenal bagi para pelintas, Sanders masih mencari cara terbaik dan efisien untuk memasak ayam goreng andalannya. Selama itu, Sanders memasak ayam dengan iron pan. Dia butuh 35 menit. Terlalu lama untuk sebuah masakan bagi para pejalan yang biasanya terburu-buru. Cara yang lebih cepat sebenarnya ada: menggoreng dengan minyak banyak, alias deep fry.

Namun, Sanders yang mewarisi resep ibunya dengan takzim, menolak menggoreng ayam dengan metode ini. Sebab, petuah ibunya bilang kalau metode itu akan membuat kualitas ayam gorengnya menurun.

Kemudian pada 1939, muncullah teknologi bernama mesin presto. Awalnya alat masak ini digunakan untuk mengukus sayuran agar kandungan gizi tetap terjaga. Dasar orang kreatif, Sanders memodifikasinya untuk jadi alat penggoreng bertekanan. Itu dipakai untuk menggoreng ayamnya. 

Menurut Sanders, ayam goreng yang dimasak dengan pressure fyer buatannya akan tetap renyah, matang hingga dalam, dan waktu untuk memasaknya jadi singkat.

Meski menerima resep dari ibunya, Sanders tetap seorang anak yang tak mau menerima begitu saja. Dia otak-atik resep sang ibu. Maka pada 1940 jadilah resep yang kemudian dikenal dengan sebutan "Original Recipe". Terdiri dari 11 jenis bumbu dan rempah. Resep ini laris manis, ayam goreng buatan Sanders makin dicari orang. 

KFC juga semakin dikenal karena penampilan Sanders yang unik. Dia sering memakai baju serba putih, bahkan rambut dan janggutnya putih. Kemudian karikatur Sanders yang tersenyum, lengkap dengan rambut dan janggut putih, dijadikan maskot logo KFC hingga sekarang

Sanders kemudian menggunakan metode waralaba untuk memperluas jangkauan KFC. Pada 1952, cabang KFC pertama dibuka di Utah. Karena menjadi ikon, Sanders rutin keliling Amerika Serikat untuk berbagai acara seperti jumpa fans, pembukaan cabang baru, hingga ke acara talkshow. 

Dia menempuh jarak setidaknya 321 ribu kilometer setiap tahun. Dikarenakan usia yang merambat tua, Sanders merasa tak lagi sanggup mengawasi perkembangan KFC. Sang bapak tua berambut putih itu menjual KFC pada investor. Langkah ini kemudian membawa KFC ke tanah-tanah yang semakin jauh. 

Dari Kentucky, restoran ayam ini dibawa ke Kanada, Inggris, Meksiko, juga Jamaika. Kemudian merambah Asia. Hingga kini, KFC menjadi salah satu restoran dengan jumlah gerai terbanyak di dunia. Hingga Desember 2015, ada lebih dari 20.000 gerai di 125 negara. Setiap tahun, KFC membutuhkan pasokan 23 juta ekor ayam untuk restorannya.

Related

Food 3007134692031939121

Recent

item