Tardigrada, Hewan Kecil tapi Paling Tangguh di Dunia


Naviri Magazine - Tardigrada merupakan hewan dengan persebaran yang luar biasa. Sejak penemuan pertamanya pada akhir abad ke-18, para ilmuwan telah menemukan tardigrada di berbagai tempat di dunia, mulai dari pegunungan, di balik bongkah es, hutan hujan, perairan air asin dan air tawar, sampai gurun pasir. 

Ketinggian tertinggi yang diketahui ditinggali tardigrada adalah 6.000 meter di atas permukaan laut, sementara yang terendah ditemukan pada kedalaman laut sejauh 4.000 meter. Mereka bahkan ditemukan di pulau gunung api yang terpencil dari dunia luar. 

Di antara hewan-hewan kecil lain, tardigrada dianggap hewan paling tangguh, karena dapat hidup dalam kondisi yang paling berat sekali pun.

Bagaimana tardigrada hidup?

Mayoritas tardigrada memakan material tumbuhan, seperti lumut dan alga, tempat mereka hidup. Spesies yang berukuran kecil juga memakan bakteri, sementara sebagian kecil tardigrada merupakan karnivora yang memakan hewan-hewan kecil seperti nematoda, kutu, bahkan tardigrada lainnya. 

Mereka makan dengan cara mengisap cairan tubuh mangsanya melalui mulut yang berbentuk seperti pengisap. Pemangsa tardigrada sendiri adalah hewan-hewan seperti serangga kecil karnivora, caplak, laba-laba, hingga tardigrada lainnya.

Related

Science 607790671333646589

Recent

item