Tubuh Menunjukkan Tanda Ini? Bisa Jadi Anda Kena Covid Varian Baru


Varian baru Covid-19, Omicron, terus menyebar dengan cepat. Sama seperti sebelumnya, orang yang terinfeksi varian ini juga memiliki gejala khusus yang patut diwaspadai.

Omicron disebut memiliki gejala berbeda dengan varian lainnya. Sebab varian tersebut memiliki gejala kelelahan dan tenggorokan gatal, tidak ditemukan batuk atau kehilangan indera perasa dan penciuman (anosmia) pada pasien.

Temuan tersebut diungkap oleh dokter di Afrika Selatan yang telah melihat varian pertama kali. Disebutkan, pasien penderita Omicron memiliki gejala sangat ringan.

CEO Pfizer, Albert Bourla, juga mengatakan pasien Omicron menunjukkan gejala ringan. Namun memang Omicron menyebar lebih cepat dan akan ada banyak mutasi ke depannya.

Varian Omicron memang cukup berbeda, termasuk dengan gejala yang ditimbulkan dari Delta. Saat itu banyak orang mengalami gejala lebih berat. Termasuk dengan kebutuhan oksigen, dan perawatan di rumah sakit juga melonjak tajam saat varian Delta menyebar beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Omicron dilaporkan tidak membuat kebutuhan oksigen dan perawatan intensif melonjak. Hal ini diungkap penelitian medis Afrika Selatan dari sejumlah rumah sakit di provinsi Gauteng, wilayah pertama kali varian itu terdeteksi.

Dalam laporan tersebut juga dikatakan sebagian besar pasien merupakan penerima Covid insidental, yakni telah ada di rumah sakit untuk alasan medis lain atau bedah.

Vaksinasi juga dikatakan menentukan penyebaran Omicron. Pasien yang dirawat adalah orang yang tidak mendapatkan vaksinasi.

Namun temuan itu masih sangat awal. Jadi masih perlu banyak data yang harus dikumpulkan.

Related

Health 4195171555287201118

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item