10 Sinetron Indonesia yang Berjudul Sama tapi Beda Cerita (Bagian 1)


Industri sinetron tumbuh subur seiring munculnya beberapa stasiun TV swasta di Indonesia pada awal 1990-an. Dua puluh tahun berlalu, tentu sudah banyak sekali sinetron yang diproduksi. Bukan tidak mungkin ada judul yang sama.

Berdasarkan catatan, setidaknya ada 10 sinetron yang berjudul yang sama, tapi berbeda PH dan cerita. Ada yang masa produksinya terpaut beberapa tahun. Tapi ada juga yang diproduksi di tahun berdekatan, bahkan tayang bersamaan. Apa saja? 

1. ASMARA

Sinetron besutan sutradara Desiana Larasati yang baru saja tamat ini dibintangi pesinetron Velove Vexia, Glenn Aliskie, Yasmine Wildblood, Fero Walandouw, Alice Norin, Arifin Putra, Tsania Marwa dan Atalarik Syach. Konflik percintaan dan keluarga dengan bumbu komedi mewarnai sinetron ini. 

Mundur ke tahun 1997, ada sinetron dengan judul Asmara yang juga tayang di RCTI. Asmara versi 15 tahun silam ini merupakan produksi Multivision Plus, karya sutradara Agus Elias.

Dibintangi artis yang populer pada zamannya; Tamara Bleszynski, Dicky Wahyudi, Marini Zumarnis, Primus Yustisio, Raynold Surbakti dan Sarah Azhari Sinetron yang berakhir pada Desember 1997 ini terdiri dari 7 episode  Mengusung tema percintaan, Asmara juga dibumbui misteri pembunuhan dan perselingkuhan.

2. NIKITA

Sekitar 2-3 tahun lalu muncul tren judul sinetron diambil dari nama asli pemainnya. Ada Chelsea yang dibintangi Chelsea Olivia, Sejuta Cinta Marshanda yang dibintangi Marshanda, dan Nikita yang dibintangi Nikita Willy.

Nikita adalah sinetron perdana Nikita Willy dibawah bendera SinemArt. Sinetron stripping ini tayang di RCTI pada tahun 2009. Selain Nikita Willy, sinetron Nikita juga dibintangi Dude Harlino, Asmirandah, Jonas Rivanno, Dirly Idol, dan Cathy Sharon. Banyak yang menganggap sinetron berjumlah 126 episode ini menyadur drama Korea You Are My Destiny yang dibintangi YoonA SNSD.

Sementara pada Maret 1996, RCTI menayangkan sinetron mingguan berjudul Nikita. Karakter Nikita diperankan oleh Nia Zulkarnaen. Sinetron produksi Starvision ini juga didukung oleh Herman Felani, Drg. Fadli, Bella Esperanc e, Diah Permatasari dan Sonia Carascalao.

Sejak awal dirilis, sudah diumumkan bahwa sinetron yang disutradarai Ismail Subardjo ini berjumlah 13 episode. Kisah Nikita terbilang beda, karena menuturkan seorang pria miskin (Herman) yang jatuh cinta pada gadis kaya bernama Nikita (Nia).

3. KASIH

Nabila Syakieb dipercaya memerankan karakter Kasih dalam sinetron RCTI berjudul sama pada tahun 2007. Sinetron produksi SinemArt ini jalan ceritanya mirip dengan drama Korea The Person I Love Kasih adalah seorang wanita yang disia-siakan Nala (Giovanni Tobing), kekasihnya, setelah pria itu menghamilinya.

Nala malah bertunangan dengan anak orang kaya bernama Sheila (Alice Norin). Masalah makin rumit saat Sharman (Christian Sugiono), jatuh cinta pada Kasih. 

Pada tahun 2001, ada sinetron mingguan berjudul sama yang tayang di SCTV. Karakter Kasih diperankan oleh Nafa Urbach. Dalam sinetron ini, karakter Kasih diceritakan selalu menderita dan berurai airmata. Sinetron produksi Multivision Plus ini juga dibintangi Gunawan dan Ade Irawan. Lagu temanya “Temani Aku Malam Ini” merupakan single milik Nafa Urbach.

4. LAILA

Pada tahun 2009, Dewi Perssik yang sukses membintangi sinetron harian Mimpi Manis dipercaya MD Entertainment untuk menjadi pemeran utama sinetron harian berjudul Laila Sinetron tayangan Indosiar ini juga diramaikan oleh Jonathan Frizzy, Revand T. Narya, Poppy Bunga dan Bayu Kusumanegara.

Dipertengahan cerita sinetron berjumlah 31 episode, karakter Laila yang diperankan Depe mulai mengenakan jilbab Tiga tahun sebelumnya, SCTV juga punya sinetron berjudul Laila, yang diperankan Masayu
Anastasia.

Evan Sanders, Hikmal Abrar, Mathias Muchus dan El Manik juga menyemarakkan sinetron produksi Multivision Plus ini. Dalam sinopsis globalnya, disebutkan bahwa sinetron weekly yang tayang tahun 2006 ini diilhami dari kisah Laila Majnun.

5. CINTA

Ketika RCTI dan SCTV sudah mengisi slot primetime dengan sinetron harian, Indosiar masih setia menayangkan sinetron mingguan  Pada Februari 2008, Indosiar menayangkan mini seri weekly berjudul Cinta yang dibintangi Cinta Laura  Sinetron produksi MD Entertainment ini seolah reuni sinetron Cinderella (2007). 

Selain Cinta Laura, ada Galih Ginanjar, Poppy Bunga, Kiki Farrel, Aiman Ricky, Nella Anne dan Farhad yang dulu bermain Cinderella juga main di Cinta. Cinta Laura kembali jadi cewek miskin yang berpacaran dengan cowok kaya, namun terhalang restu orangtua. 

Cinta-nya Cinta Laura memang tak sepopuler Cinta-nya Desy Ratnasari yang tayang tahun 1999. Cinta yang ini merupakan adaptasi novel Seandainya Aku Boleh Memilih karya Mira W. Sinetron produksi Indika Entertainment ini tayang di RCTI.

Berkisah tentang Rini (Desy) yang terlibat cinta segitiga dengan kakak beradik Harris (Primus Yustisio) dan Andi (Atalarik Syach). Sinetron yang disutradarai Maruli Ara ini cukup sukses pada zamannya. Demikian juga lagu temanya, "Bahasa Kalbu" yang dilantunkan Titi DJ.

6. AMANDA

Tahun 2009, Indosiar masih menyisakan slot late primetime untuk sinetron mingguan. Salah satunya, untuk sinetron Amanda produksi Gentabuana Paramita.

Jalan cerita Amanda mengingatkan pada telenovela Cinta Paulina yang pernah hits di Indonesia. 

Berkisah soal 2 perempuan yang berwajah sama, namun dengan kepribadian yang bertolak belakang. Amanda dibintangi oleh Nana Mirdad, Hengky Kurniawan, Minati Atmanegara, Imel Putri Cahyati, Afdal dan Guntara Hidayat.

Tahun 2002, SCTV punya sinetron berjudul sama. Sinetron produksi Prima Entertainment ini adalah mini seri mingguan berjumlah 10 episode yang dibintangi Agnes Monica, Roger Danuarta, Adjie Pangestu, Novia Ardhana, dan Stephanie.

Agnes berperan sebagai Amanda, gadis kaya sombong yang mendadak jatuh miskin setelah ayahnya kepergok mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Baca lanjutannya: 10 Sinetron Indonesia yang Berjudul Sama tapi Beda Cerita (Bagian 1)

Related

Entertainment 7148733127911038625

Recent

item