5 Etiket Makan Bakso hingga Es Campur agar Terlihat Elegan


Etiket ketika makan tidak hanya berlaku pada makanan mewah. Etiket juga dibutuhkan saat makan makanan kaki lima agar terlihat lebih elegan.

Etiket ketika makan disebut-sebut sebagai ilmu mahal. Sebab mungkin terlihatnya sepele, tetapi hal tersebut dapat membuat kita terlihat lebih sopan dan elegan saat melakukannya.

Hal ini penting, terlebih ketika kita sedang makan bersama dalam jamuan makan bersama orang lain. Biasanya dalam jamuan makan tersebut selalu disajikan makanan dan minuman mewah.

Namun etiket ketika makan tidak hanya berlaku saat makan makanan mewah saja, tetapi juga makanan kaki lima yang murah meriah. Etiket itu dibagikan oleh Michelle Irwanto melalui video TikToknya @micol_26.

Berikut etiket makan 5 jajanan pinggir jalan versi dirinya:

1. Etiket Minum Es Cekek

Es cekek merupakan istilah orang Indonesia menyebut minuman dalam plastik yang diminum pakai sedotan. Kata 'cekek' atau 'cekik' diambil dari kata cara memegang minuman pada plastik bagian atas.

Jadi seolah-olah mencekik. Biasanya, es cekek berisi es teh manis, es jeruk dan minuman segar lainnya. Nah, cara minum es cekek ini punya etiketnya tersendiri.

Pertama, jangan menggigit sedotan dan jangan pula memegang es dengan 1 tangan. Sebaiknya memegang es menggunakan dua tangan dan posisikan sedotan di tengah lidah.

Selain itu, dianjurkan juga untuk sedikit menunduk ketika menyedot es tersebut. Menurutnya, etiket tersebut membuat cara minum es cekek terlihat lebih elegan.

2. Etiket Makan Es Campur

Es campur merupakan hidangan berupa aneka buah-buahan yang disajikan dengan kuah segar dan manis. Biasanya es campur ditaruh di dalam mangkuk dan dimakan menggunakan sendok.

Michelle menyarankan untuk tidak menunduk ketika menyendokan es campur. Selain itu, jangan makan dari bagian depan sendok dan pastikan agar tidak menetes.

Cara yang benar adalah menyendok ke arah luar dan meniriskan sendok di ujung. Harus duduk tegak saat menyendok dan sebaiknya makan dari bagian samping sendok.

3. Etiket Makan Bakso

Dalam video TikTok lainnya, Michelle juga membagikan etiket makan bakso agar terlihat elegan. Pertama, jangan menggigit bakso dan menyisakan setengah.

Kemudian, jangan juga makan gorengan yang jadi pelengkap bakso menggunakan sendok dan garpu, melainkan langsung pakai tangan. Tidak disarankan pula untuk menyeruput mie dan makan dengan menunduk.

Cara yang baik adalah memotong bakso menggunakan sendok dan garpu. Memutar mie dengan garpu, lalu taruh di sendok. Posisi duduk juga harus tegak. Intinya makanan yang mendekati mulut.

4. Etika Ngemil Gorengan

Ngemil gorengan atau finger food lainnya emang paling asyik. Namun, cara menikmatinya juga ada etiket tersendiri. Pertama, jangan menggigit gorengan terlalu besar.

Hal tersebut bisa menyebabkan mulut penuh. Jika dalam keadaan mulut penuh dan ada seseorang yang mengajak bicara, sebaiknya jangan beri kode dengan jari telunjuk.

Berilah kode dengan jari jempol. Soal gigitan, Michelle menyarankan agar menggigit sedikit demi sedikit agar mulut tidak penuh dalam sekali gigit.

5. Etiket Makan Keripik

Keripik selalu menjadi camilan favorit. Ketika ngemil keripik, Michelle menyarankan untuk tidak menggunakan garpu atau ditusuk, karena cara itu akan membuat keripik menjadi hancur.

Tapi cara itu sering dilakukan agar karena tangan takut kotor. Tak disarankan pula menggunakan alat makan lain seperti sendok dan sumpit. Etiket yang benar adalah makan langsung pakai tangan.

Related

Tips 6251997689632960814

Recent

item