Apakah Obat Kumur untuk Perokok Bisa Hilangkan Bau Mulut?


Banyak orang mengalami bau mulut tetapi kurang sadar terhadap keadaan mulut yang dialaminya. Setiap orang tentu menginginkan keadaan gigi yang sehat dan terhindar dari bau mulut. 

Mereka beranggapan bahwa hanya dengan menyikat gigi saja bau mulut dapat teratasi, padahal butuh perawatan berkelanjutan untuk merawat sumber masalah dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Bau mulut yang dihadapi atau dialami oleh seseorang banyak sekali penyebabnya, bukan hanya dari infeksi di dalam rongga mulut saja, bisa dari sumber lain yang dapat menimbulkan bau mulut diantaranya gangguan tenggorokan, paru-paru dan perut, kebiasaan merokok dan konsumsi obat-obatan tertentu. 

Bau dan rasa yang berasal dari mulut seorang perokok cukup khas, bau yang dikeluarkan bisa dari tembakau rokok tersebut, atau dari organ-organ pernapasan yang lain.

Sekarang banyak produk aroma terapi untuk menghilangkan bau mulut, seperti obat kumur. Bagi orang yang mengalami bau mulut tidak jarang mereka menggunakan obat kumur untuk mengatasi bau tersebut, termasuk para perokok. Pemilihan obat kumur tersebut tidak bisa sembarangan. 

Ada berbagai sebab yang ditimbulkan dari bau mulut, dan tidak semua bau mulut dapat dihilangkan hanya dengan menggunakan obat kumur. Menggunakan obat kumur tanpa aturan yang jelas dapat menyebabkan meningkatnya resiko untuk terjadinya kanker mulut. 

Oleh karena itu penggunaannya harus mengikuti aturan dan ketentuan yang dianjurkan oleh para praktisi kesehatan misalnya oleh dokter, dokter gigi, perawat gigi atau tenaga kesehatan gigi.

Obat kumur cukup efektif dalam memberikan kesegaran dan menghilangkan bau mulut untuk perokok ringan (perokok kurang dari 10 batang), jika digunakan 2 kali sehari selama 30 detik dalam jangka waktu 1 minggu. Akan tetapi ketahanan obat kumur tidak lebih dari satu jam.

Bagi perokok sedang (perokok kurang dari 20 batang sehari) hanya merasakan kesegaran obat kumur tidak lebih dari satu jam tetapi tidak memberikan perubahan pada bau mulutnya, karena jangka waktu antara penggunaan obat kumur dan merokok terlalu cepat sehingga menyebabkan obat kumur tidak dapat bekerja secara maksimal dalam menghilangkan bau mulut.

Jumlah konsumsi rokok yang banyak, ditambah dengan tidak adanya usaha dari perokok untuk merawat kesehatan mulut, juga menjadi salah satu penyebab kurang efektifnya obat kumur dalam menghilangkan bau mulut bagi perokok sedang. Sehingga menyebabkan bau mulut pada perokok tetap ada.

Related

Health 5475435406028450134

Recent

item