Ini 7 Jenis Makanan yang Bisa Membantu Mengusir Sedih dan Galau


Naviri Magazine - Dalam hidup, kadang ada hal-hal tertentu yang membuat sedih, dari tidak lulus ujian, gagal diterima kerja, sampai putus hubungan dengan seseorang. Orang memiliki caranya sendiri-sendiri dalam menghadapi kesedihannya, dari yang menyepi atau menyendiri, menemui teman-teman untuk berbagi, sampai pergi ke restoran atau kafe favorit untuk makan minum.

Yang mungkin masih jarang diketahui, ada makanan-makanan tertentu yang bisa membantu kita mengusir kesedihan. Charles Platkin, profesor nutrisi di CUNY School of Public Health, Hunter College, New York, mengatakan bahwa makanan manis merangsang tubuh untuk melepaskan hormon serotonin yang bertugas menjaga suasana hati.

Selain makanan manis, makanan berlemak juga bisa membantu tubuh melepaskan hormon perasaan senang, yang disebut endorfin. Namun, endorfin juga menimbulkan rasa kantuk.  

Di pasaran, banyak minuman yang diklaim dapat memperbaiki suasana hati dengan cepat, seperti minuman energi berkafein. Meski mungkin minuman semacam itu memang mampu mengubah suasana hati dengan cepat, mood pun lekas turun pula. 

“Apa pun yang membawa Anda terlalu cepat ke atas, maka itu akan membawa Anda ke bawah dengan cepat pula,” ujar Charles Platkin. “Karena itu, daripada mengatasi kesedihan dengan makanan tak sehat, lebih baik pilih makanan sehat.” 

Berikut ini beberapa makanan sehat yang baik dikonsumsi di saat sedih, agar bisa kembali tenang dan gembira.

Sup

Bagi banyak orang, sup adalah obat terbaik untuk mengobati kesedihan. Meski tidak memberikan karbohidrat yang sama dengan makanan tinggi lemak, namun asupan ini akan membuat perut Anda cukup terisi. Bagi sebagian orang, kehangatan serta aroma sup bisa membawa kenangan makanan masa kecil. Dalam memori itu, Anda dapat kembali ceria.

Buah

Buah segar, semisal apel atau pir, mengandung banyak gula alami. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pilihlah buah kaya serat, karena akan membantu mengurangi lonjakan insulin. Selain itu, sebaiknya jangan kupas kulitnya, karena pada bagian kulit tersebut banyak terkandung serat.

Popcorn

Biji-bijian dapat meningkatkan hormon endorfin yang membuat bahagia, termasuk biji dalam popcorn. Namun, jika ingin menikmatinya, sebaiknya jangan menggunakan mentega untuk perasa. Mentega mengandung lemak yang justru akan membuat suasana hati memburuk di kemudian hari.

Pasta gandum

Serat dalam gandum bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Untuk mengurangi konsumsi lemak dan kalori di dalamnya, tuangkan saus berbahan sayuran di atas pasta. 

Telur

Telur mengandung asam amino, yang bisa bertindak seperti adrenalin. Selain itu, kandungan protein dalam telur akan membuat Anda merasa kenyang hingga lama. Namun, sebaiknya tidak menggunakan minyak atau mentega dalam mengolahnya. Lagi-lagi untuk menghindari lemak.

Kacang

Kacang-kacangan seperti almond merupakan pendorong mood yang baik. Karenanya, saat sedih datang, Anda bisa ngemil kacang-kacangan untuk mengusirnya. Meski begitu, jangan berlebihan mengonsumsinya, agar kandungan kalori dalam tubuh tidak bertambah.

Ayam 

Ayam adalah sumber protein sehat yang mengandung asam amino, yang memberikan manfaat sebanyak manfaat telur. Untuk hal ini, pilihlah ayam panggang tanpa kulit, untuk menghindari kandungan lemak. Pada ayam, lemak biasanya menumpuk di kulit.

Related

Health 6944638310630307009

Recent

item