Kisah 6 Penemuan Puing-puing Misterius di Dasar Laut


Naviri Magazine - Ada banyak kepercayaan yang mengatakan bahwa di masa lalu ada negara-negara atau kota-kota yang telah maju dan modern, tapi kemudian hancur ketika bencana datang, dan kota-kota itu lalu runtuh serta tenggelam ke dasar laut. Berbagai penelitian memang kemudian mengungkapkan bahwa kota-kota semacam itu memang dulu pernah ada.

Belakangan, ada berbagai pihak yang menemukan aneka puing di dasar laut, yang kemudian diketahui merupakan bekas-bekas tinggalan masa lalu, dari kota-kota yang kini telah hancur dan tenggelam. Berikut ini enam di antaranya.

Alexandria, Mesir

Lepas pantai Alexandria, kota Alexander the Great, terbentang sesuatu yang dipercayai sebagai puing-puing kamar dan ruangan kebesaran Cleopatra. 

Dipercayai bahwa gempa besar yang terjadi sekitar 1500 tahun lalu menyebabkan tempat ini tenggelam ke dalam laut, bersama peninggalan-peninggalan bersejarah, patung-patung, dan bagian-bagian lain dari istana Cleopatra.

Bay of Cambay, India

Beberapa tahun yang lalu, ditemukan sebuah kota berumur lebih dari 9500 tahun. Lebih penting lagi, penemuan itu lebih tua 5000 tahun dari sesuatu yang pernah ditemukan di sana, dan memaksa para ahli sejarah untuk mengevaluasi kembali pengertian mereka tentang sejarah kebudayaan di daerah itu. 

Penemuan ini dinamakan Dwarka atau Kota Emas, yang dinamakan menurut kota tua dalam laut yang dimiliki dewa Khrisna.

Yonaguni-Jima, Jepang

Ditemukan oleh seorang pemandu tur selam sekitar 20 tahun yang lalu. Banyak kontroversi tentang piramida misterius yang ditemukan di lepas pantai jepang. Bangunan itu terlihat seperti dipahat dari lempengan batu, menggunakan peralatan yang diduga tidak atau belum ada pada zaman dahulu di area ini.

Havana, Kuba

Sebuah tim ilmuwan melanjutkan penelitian terkait puing-puing megalitik di selat Yucatan dekat Kuba. Mereka menemukan bukti bahwa ada sebuah pemukiman urban sepanjang beberapa mil sepanjang pantai. Beberapa orang percaya bahwa yang dahulu tinggal di tempat tersebut adalah kebudayaan Amerika tua.

North Sea, Eropa

Sebuah landskap baru-baru ini ditemukan di bawah Laut Utara. Dulu pernah didiami oleh manusia, kurang lebih 10000 tahun yang lalu. Area tersebut dulu adalah sungai, danau dan samudera, sekarang ada di bawah dasar laut.

Atlantis, Antartika

Lebih dari 100 tahun yang lalu, seorang kurator museum di Istanbul menemukan sebuah peta tua. Setelah menelitinya, dia menemukan lokasi yang ditandai dengan deretan gunung yang lokasinya adalah tempat Antartika sekarang berada. 

Peta itu adalah salah satu dari sekian bukti yang menyatakan bahwa Antartika adalah kota Atlantis yang hilang. Bukti terbaru adalah penemuan menggunakan teknologi sonar, yang menunjukkan bahwa ada struktur lagi di bawah Antartika.

Related

Science 4834029141175856827

Recent

item