Memahami Perbedaan Astronomi dan Astrofisika


Naviri Magazine - Secara umum, istilah astronomi ataupun astrofisika bisa digunakan untuk menyebut ilmu yang sama. Jika ingin merujuk kepada definisi di kamus yang baku, “astronomi” memiliki makna “penelitian benda-benda langit dan materi di luar atmosfer Bumi, serta sifat-sifat fisika dan kimia benda-benda dan materi tersebut”. 

Sedangkan “astrofisika” adalah cabang astronomi yang berurusan dengan “tingkah laku, sifat-sifat fisika, serta proses-proses dinamis dari benda-benda dan fenomena-fenomena langit”.

Pada kasus-kasus tertentu, misalnya pada pembukaan buku The Physical Universe, istilah “astronomi” bisa digunakan untuk sisi kualitatif ilmu ini, sedang “astrofisika” untuk sisi lainnya yang lebih berorientasi fisika. 

Meskipun begitu, penelitian-penelitian astronomi modern kebanyakan berurusan dengan topik-topik yang berkenaan dengan fisika, sehingga bisa saja kita mengatakan bahwa astronomi modern adalah astrofisika.

Dalam memutuskan menggunakan istilah yang mana, banyak badan penelitian yang hanya bergantung dari apakah secara sejarah mereka berafiliasi dengan departemen-departemen fisika atau tidak. Astronom-astronom profesional juga banyak yang memiliki gelar di bidang fisika. 

Related

Science 3946322291359057603

Recent

item