Perbedaan Astronomi Observasional dan Astronomi Teoritis


Naviri Magazine - Ada cukup banyak cabang ilmu yang pernah turut disertakan sebagai bagian dari astronomi. Jika diperhatikan, sifat cabang-cabang ilmu itu sangat beragam, dari astrometri, pelayaran berbasis angkasa, astronomi observasional, sampai penyusunan kalender dan astrologi. 

Namun, meski begitu, dewasa ini astronomi profesional dianggap identik dengan astrofisika.

Pada abad ke-20, astronomi terbagi menjadi dua cabang, yaitu astronomi observasional dan astronomi teoretis. Astronomi observasional melibatkan pengumpulan data dari pengamatan terhadap benda-benda langit, yang kemudian dianalisis menggunakan prinsip-prinsip dasar fisika. 

Sedangkan astronomi teoretis terpusat pada upaya pengembangan model-model komputer/analitis, guna menjelaskan sifat benda-benda langit serta fenomena-fenomena alam lainnya.

Kedua cabang tersebut bersifat komplementer. Astronomi teoretis berusaha menerangkan hasil-hasil pengamatan astronomi observasional, dan astronomi observasional kemudian akan berusaha membuktikan kesimpulan yang dibuat oleh astronomi teoretis.

Related

Science 62780995363490921

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item