Sejarah Inggris dan Prancis yang Pernah Menjadi Musuh Sengit


Naviri Magazine - Politik perluasan wilayah yang dilakukan Prancis di bawah Napoleon Bonaparte sangat merugikan Inggris, sebagai negara yang menguasai lautan dunia. Akibatnya, Inggris dan Prancis pun berperang tanpa henti. Perjanjian Entente Cordiale kemudian ditandatangani oleh Inggris dan Prancis sebagai kesepakatan untuk menghentikan perang. 

Kesepakatan itu, selain untuk tujuan penghentian perang, juga dibuat untuk menghadapi Jerman, yang waktu itu tumbuh menjadi saingan yang sangat kuat dalam berebut tanah jajahan dan pasaran bagi produk industri mereka. Pada waktu itu, Jerman, Inggris, Prancis, dan Italia, sedang bersaing untuk menguasai wilayah Afrika.

Situasi pertentangan yang semakin runcing itulah yang menyebabkan munculnya persekutuan di antara negara-negara tersebut. 

Pada tahun 1882, Jerman, Austria dan Italia, membentuk persatuan militer yang disebut Triple Alliance. Pada 8 April 1904, Inggris dan Prancis menanggapi hal itu dengan membentuk Entente Cordiale. Pada 1907, perjanjian itu menjadi Triple Entente, setelah Rusia bergabung bersama mereka. 

Related

History 6703677330427978754

Recent

item