Berapa Biaya yang Dibutuhkan Jika Ingin Mendirikan Kerajaan Sendiri?


Seberapa pun aneh modus penipuannya, kita tetap perlu berterima kasih kepada Kerajaan Keraton Agung Sejagat (KAS) atas segala hiburan yang sudah mereka berikan. Berkat KAS pula, kemudian muncul Sunda Empire, kekaisaran baru yang menyita perhatian karena meyakini tatanan negara akan berakhir.

Bahkan, Sunda Empire sampai mendapatkan kesempatan berbicara di depan Karni Ilyas dan para sejarawan di layar kaca, meski pada akhirnya jadi bulan-bulanan netizen.

Selain bikin ngakak, dampak lain yang tidak kalah masif dari kemunculan kerajaan-kerajaan ini adalah tertanamnya keyakinan bahwa membuat kerajaan tidak sesulit yang kita kira. Dengan segala kesederhanaan, raja KAS dan Sunda Empire mengajarkan bahwa siapa pun, di mana pun, kapan pun, bisa punya kerajaan sendiri.

Bagi yang mungkin terinspirasi menjadi raja-raja baru, mungkin ingin tahu apa komponen paling penting dalam melaksanakan niat tersebut, dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk bikin kerajaan sendiri?

Ini dia daftar rincian pos biaya yang kalian perlukan:

Kostum

Ini adalah inti dari sebuah kerajaan. Sudah pasti semua tahu, KAS punya pakaian resmi dengan unsur tradisi, sedangkan Sunda Empire berpegang teguh pada atribut militer pada kostum kerajaannya. 

Dalam serial Game of Thrones, masing-masing puri juga punya gaya berpakaian sendiri. Sudah jelas, kostum adalah jati diri, identitas kerajaan yang akan dilestarikan selama ribuan dasawarsa. Karena itu, kerajaan Anda harus memiliki kostum.

Untuk kerajaan yang baru merintis dan tidak punya pemodal besar, situs Optimassive memberikan kisaran biaya sewa kostum yang lumayan terjangkau: Rp75-550 ribu per hari. Namun, tentu saja mustahil untuk menyewa pakaian. Karena, sebagai bagian dari kerajaan, kita harus senantiasa memakai kostum itu setiap saat. Sewa bukanlah solusi berkelanjutan, maka baiknya beli saja.

Dhara, pendiri Kaira Wedding Organizer asal Yogyakarta yang sering berhadapan dengan kostum-kostum macam ini, menjelaskan ongkos pembuatan pakaian adat, semata-mata untuk jadi pegangan kita semua.

"Untuk bertema tradisional, sewa kostum ada di kisaran Rp1,5 juta. Namun, tidak sedikit yang memutuskan untuk membuat pakaiannya meski tidak akan dipakai setiap hari, itu Rp2,5 juta," kata Dhara.

Oke, katakanlah kerajaan Anda memiliki 20 pengikut termasuk Anda sebagai raja, berarti Anda harus siap-siap setidaknya Rp50 juta untuk kostum.

Dekorasi

Setiap pawai kerajaan tentu wajib hukumnya memiliki dekorasi umbul-umbul, bendera kerajaan, ataupun payung-payungan. Keberadaan atribut ini penting agar acara kerajaan terkesan ramai. Informasi dari Dhara, harga dekorasi standar pernikahan bisa senilai Rp20 juta untuk area Jogja, Rp8 juta untuk Magelang, atau Rp5,5 juta untuk Sleman.

Karena tidak mungkin bikin kerajaan tandingan di Jogja, mari kita fokuskan mekanisme pembiayaan ini untuk pembuatan kerajaan di daerah-daerah sekitarnya saja. Jadi, harga dekorasi yang relevan di kisaran Rp5,5 juta-Rp8 juta. Untuk memudahkan, kita ambil angka termahal saja. Total, sudah Rp58 juta yang harus disiapkan.

Sewa Kuda

Ayolah, tidak boleh ada yang memisahkan keterkaitan antara sebuah kerajaan dengan kuda-kudanya. Sebagai raja, Anda harus bisa berkuda, anak Anda harus bisa berkuda, cucu Anda harus bisa berkuda. Kuda adalah kewajiban. Kalau tidak punya kuda, mending tidak usah bangun kerajaan.

Untuk mendapatkan kuda, Anda bisa menyewanya. Di Bali, sewa kuda per hari ada di angka Rp400 ribu. Tapi, masak Anda mau dicemooh kerajaan lain karena meminjam kuda? Di mana martabat kerajaan Anda? Makanya, lebih baik kita lihat opsi pembelian. Berapa harganya?

Diketahui, kuda Qatar setara Rp90 miliar. Kuda ini adalah kuda premium dan masuk kategori terbaik untuk pacu. Anda bisa pamer kuda ini untuk mempersunting permaisuri kerajaan seberang.

Kalau bajet kerajaan Anda minim, Anda bisa beralih ke kuda seharga Rp200 juta. Atlet berkuda Anton Budiarto bahkan mengatakan, kuda termurah bisa didapat “hanya” bermodal Rp30 juta. Sebagai kerajaan rintisan, akan lebih bijaksana kalau Anda memulai dari kuda termurah saja. Oke, sampai sini total modal Rp88 juta. (Lah, kudanya cuma satu?)

Istana

KAS bisa punya bangunan keraton sebagai istana pemerintahan gara-gara salah satu anggotanya memberi tanah secara cuma-cuma untuk kerajaan. Privilese macam ini tak dimiliki semua kerajaan. Karena sebuah kerajaan mutlak perlu tempat, cara terbaik tentu saja dengan mengikuti istilah “rumahku, istanaku”. Benar, Anda bisa mengontrak rumah dulu sebagai istana.

Kalau ukurannya adalah KAS, rumah daerah Purworejo mempunyai harga sewa yang cukup terjangkau, Rp6-15 juta saja per tahun. Mari kita ambil angka terbesar untuk amannya. Total sampai saat ini: Rp103 juta.

Panggung dan Sound System

Ketika Anda melakukan deklarasi kerajaan, suara Anda tentu harus terdengar para hadirin. Makanya, Anda butuh panggung untuk singgasana, dilengkapi dengan sound system yang baik agar sabda Anda menggaung hingga pelosok saat deklarasi. 

Raja KAS butuh pengeras suara saat deklarasi, Sunda Empire butuh bantuan mikrofon agar pesannya menyebar ke penonton televisi.

Karena hanya dibutuhkan sekali-kali, pengadaan sound system dan panggung bisa menggunakan sistem sewa saja. Untuk mengetahui besar kisarannya, Vega, event organizer domisili Bintaro, menjelaskan.

"Kalau cuma panggung level dan sound system, Rp1,5 juta bisa sih," ujar Vega. Bahkan, di beberapa kesempatan, angka segitu sudah termasuk alat band.

Total sementara: Rp104,5 juta.

Kemampuan Public Speaking

Nah, pada bagian inilah Anda bisa menyaingi raja KAS dan Sunda Empire. Di sinilah peran kemampuan berbicara di depan publik itu penting bagi seorang raja.

Situs Stack Social memberikan pendidikan berbicara di depan publik dengan harga terjangkau: Rp180 ribu saja! Bayangkan, Anda bisa membakar semangat rakyat Anda hanya dengan investasi kurang dari Rp200 ribu!

Kalau ditotal, Anda hanya butuh Rp104,68 juta untuk membuat sebuah kerajaan. Kalau model bisnis kerajaan Anda bagus, uang segitu bisa dipinjam dulu dari bank, dan pelan-pelan dikembalikan lewat keuntungan berdagang kopra.

Selamat mencoba.

Related

Entertainment 7146021522469223212

Recent

item