Mengapa Banyak Orang Tua Tidak Suka Musik Anak Muda?


Selera musik biasanya mulai terbentuk sejak usia 13 atau 14 tahun. Pada saat kita menginjak usia 20-an, selera itu terkunci dengan kuat. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa saat berusia 33 tahun, kebanyakan dari kita berhenti mendengarkan musik baru.

Sementara itu, lagu-lagu populer yang dirilis ketika kita masih remaja cenderung tetap populer di kalangan kelompok sebaya kita selama sisa hidup kita.

Mungkin ada penjelasan biologis untuk ini.

Ada bukti bahwa kemampuan otak untuk mengenali perbedaan halus antara akor, ritme, dan melodi yang berbeda memburuk seiring bertambahnya usia. Jadi, bagi orang yang lebih tua, lagu yang lebih baru dan kurang dikenal mungkin “terdengar sama.”

Salah satu teori psikologi sosial yang paling banyak diteliti menyebutkan “efek paparan belaka”. Singkatnya, teori ini menyebutkan bahwa semakin kita terpapar sesuatu, semakin kita cenderung menyukainya. Paparan itu terjadi lewat orang yang kita kenal, iklan, dan lagu.

Ketika masih remaja, kita mungkin menghabiskan cukup banyak waktu untuk mendengarkan musik atau menonton video musik. Lagu dan artis favorit itu menjadi bagian yang menghibur dalam hidup kita.

Bagi banyak orang di atas 30 tahun, beban pekerjaan dan keluarga meningkat, jadi hanya ada sedikit waktu untuk menemukan musik baru. Sebagai gantinya, banyak orang di usia itu hanya akan mendengarkan lagu favorit lama yang menjadi bagian hidup mereka, ketika mereka memiliki lebih banyak waktu luang.

Tentu saja, usia remaja bukannya tanpa beban dan kesulitan. Periode ini sebagian besar membingungkan, itulah sebabnya banyak acara TV dan film, mulai dari Glee, Love Simon, hingga Eight Grade yang berkisah tentang gejolak di sekolah menengah.

Penelitian psikologi telah menunjukkan bahwa emosi yang kita alami ketika remaja tampak lebih kuat daripada emosi yang muncul saat dewasa. Kita juga tahu bahwa emosi yang kuat terkait dengan ingatan dan preferensi yang lebih kuat.

Semua itu bisa menjelaskan mengapa lagu yang kita dengarkan selama periode remaja menjadi begitu berkesan dan dicintai.

Jadi, tidak ada yang salah dengan orangtua kamu kalau mereka tidak suka musikmu. Hal-hal itu terjadi secara alami.

Related

Psychology 1436045246307772218

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item