Setelah Omicron, Kini Muncul Deltacron: Ini 4 Gejalanya


Belum selesai omicron, kini dunia dihantui dengan deltacron. Para ilmuwan bahkan melaporkan temuan kasus varian Deltacron, gabungan dari varian Delta dan Omicron.

Temuan tersebut dikonfirmasi melalui pengurutan genom yang dilakukan ilmuwan di IHU Méditerranée Infection di Marseille, Prancis.

Namun bagaimana gejala deltacron? Apakah mirip dengan gejala corona varian omicron atau delta?

"Kalau delta lebih banyak menyerang bagian saluran pernapasan bawah dan kalau Omicron banyak menyerang saluran pernapasan atas," kata Dokter dan Juru Bicara Satgas COVID-19, Reisa Broto Asmoro.

Hanya saja, dia juga mengungkapkan bahwa gejala covid-19 varian deltacron ini tak berbeda dengan varian lainnya.

"Jadi gejalanya sama-sama seperti SARS-CoV-2. Gejalanya sama-sama menyerang tubuh kita," ucapnya.

Berikut beberapa gejala covid-19 varian deltacron:

- Batuk
- Pilek
- Sakit tenggorokan
- Demam

Bagaimana dengan di Indonesia?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengklaim mutasi Covid-19 Deltacron belum ditemukan di Indonesia. Varian yang diketahui telah terdeteksi di sejumlah negara Eropa seperti Prancis, Denmark, dan Belanda ini merupakan gabungan mutasi dari varian Omicron dan Delta.

"Varian Deltacron belum ditemukan ya," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.

Related

Health 1508721499922315732

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item