Hanya Minum Air Putih Saat Sahur Bisa Bahaya, Ini Kata Ahli Gizi


Jam makan sahur menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Banyak orang yang bangun kesiangan hingga harus buru-buru saat sahur.

Bangun terlambat hingga tak sempat memasak atau membeli makanan membuat orang hanya mengonsumsi air putih saat sahur.

Air putih memang memiliki manfaat bagi tubuh. Tetapi, apakah hanya mengonsumsi air putih saat sahur bermanfaat baik bagi tubuh?

Ahli gizi klinis, Luciana Sutanto mengatakan bahwa sahur hanya dengan mengonsumsi air putih dapat menyebabkan tubuh kekurangan gizi dan kalori. Kondisi tubuh yang kekurangan gizi dapat menyebabkan lemas, gemetaran, dan tidak bisa aktif bergerak.

"Sehingga kalau hanya mengonsumsi air saja, kita tidak mendapatkan gizi lengkap dan tidak mendapatkan cukup kalori. Jangka panjang, bisa menyebabkan kurang gizi," ujar Luciana Sutanto.

Pada saat sahur, tubuh seharusnya mendapat asupan gizi lengkap. Karbohidrat bisa didapat dari makanan pokok dan protein dari lauk pauk. Vitamin, mineral serta serat bisa didapat dari sayur dan buah.

Namun, jika tidak memiliki waktu cukup, Anda bisa sahur dengan beberapa menu praktis sekaligus bernutrisi. Ahli gizi klinis Putri Sakti membagikan beberapa makanan yang bisa dikonsumsi saat sahur.

"Makanan-makanan ini bergizi, nutrisi seimbang, dan kaya vitamin, sehingga bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh saat berpuasa," kata Putri dalam webinar Bincang Shopee, beberapa waktu lalu.

Selain bernutrisi tinggi, makanan ini juga mudah diolah bahkan bisa dikonsumsi secara langsung.

Misalnya saja ikan atau ayam kukus. Anda bisa menyiapkan olahannya sejak malam sebelumnya dan diamkan di dalam kulkas. Saat waktu sahur tiba, Anda hanya cukup mengukusnya.

Selain itu, ubi dan singkong rebus yang dilengkapi buah-buahan juga bisa jadi pilihan. Menu ini praktis dan bergizi lengkap, serta bisa membantu Anda tetap berenergi selama berpuasa hingga waktu berbuka tiba.

Related

Health 871139179991064246

Recent

item