Memahami Perbedaan Domain dan Hosting Serta Fungsinya


Saat membicarakan website atau situs di internet, kita pasti akan menyinggung topik hosting dan domain. Karena nyatanya hosting dan domain adalah dua hal penting yang memungkinkan suatu website atau situs bisa muncul dan eksis di internet.

Hosting dan domain adalah dua hal yang berbeda, namun saling melengkapi. Keduanya punya fungsi masing-masing. Jika kamu kebetulan belum memahami perbedaannya, berikut uraian yang bisa membantu.

Pengertian Domain dan Hosting

Sebelum membahas perbedaan domain dan hosting, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan domain dan juga hosting. Pemahaman ini merupakan hal yang mendasar, yang akan memudahkan kita untuk mengetahui lebih jauh terkait domain dan hosting, termasuk perbedaannya.

Secara singkat, domain merupakan alamat yang memiliki fungsi untuk mengantarkan seorang pengunjung menuju website yang ia inginkan. Pada awalnya, domain berbentuk kombinasi antara angka dan huruf yang tergolong rumit, sehingga sangat susah untuk diingat oleh pengguna.

Dari konsep tersebut, kemudian muncul sistem penamaan domain. Sistem ini merupakan pembaruan yang akan memudahkan siapa saja untuk mengakses website yang ia inginkan.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan domain, kita juga bisa mengetahui informasi tentang pemilik website. Beberapa informasi, mulai dari nama, alamat, email dan lainnya bisa diketahui dengan lebih mudah.

Lalu, apa yang disebut web hosting?

Secara singkat, hosting merupakan sebuah server tempat semua file website yang kita miliki akan disimpan dan bisa diakses serta dikelola melalui internet. File yang dimaksud adalah file gambar, script, video, audio, dan lainnya.

Jika digambarkan dengan rumah, kita seolah menyewa sebuah hunian yang baru. Hunian tersebut menjadi tempat untuk menyimpan semua barang yang kita miliki.

Perlu diketahui bahwa server hosting tidak berdiri sendiri. Hal ini karena server akan dikelola dan juga disimpan dalam sebuah data center. Tujuan penyimpanan ini agar hosting tersebut aman serta bisa bekerja dengan lebih optimal.

Dari paparan di atas, kita bisa melihat sekilas tentang pengertian domain dan juga hosting. Meskipun keduanya merupakan hal yang saling berhubungan, namun juga merupakan hal yang berbeda.

Perbedaan Domain dan Hosting dalam Beberapa Aspek

Sebagaimana disinggung di awal bahwa domain dan hosting merupakan dua hal yang berhubungan erat, tetapi memiliki cukup banyak perbedaan. Bisa dikatakan bahwa perbedaan antara domain dan hosting termasuk cukup mendasar.

Adapun beberapa perbedaan domain dan hosting dilihat dari beberapa aspek adalah sebagai berikut:

1. Fungsi

Salah satu aspek yang menunjukkan perbedaan mendasar antara domain dan hosting adalah fungsi. Seperti yang dibahas di awal, fungsi hosting merupakan perangkat yang digunakan untuk menyimpan data, dan terhubung dari pusat penyimpanan ke masing-masing perangkat.

Di sisi lain, fungsi mendasar dari domain adalah media yang digunakan untuk mempermudah penamaan suatu situs website. Melalui domain inilah nantinya perangkat akan langsung terhubung secara otomatis ke alamat server hosting yang digunakan.

2. Bentuk fisik

Perbedaan antara domain dan hosting juga bisa dilihat dari bentuk fisik keduanya. Dalam hal ini, hosting yang digunakan dalam sebuah perangkat komputer memiliki rupa yang nyata dan bentuk fisik. Hal ini karena hosting yang digunakan dalam komputer berupa perangkat keras, seperti hard disk, processor, dan lainnya.

Hosting yang ada pada jaringan situs website memiliki bentuk fisik yang berbeda. Bentuk fisik tersebut jauh lebih luas, besar, serta tidak kasat mata. Setiap mereka yang hendak mengakses hosting website memerlukan akses khusus serta koneksi internet.

Lalu, bagaimana bentuk domain?

Domain memiliki bentuk berupa tulisan URL yang akan muncul setelah alamat www dalam sebuah website. Domain ini nantinya akan bekerja dengan cara memberikan, membaca, dan membawa arahan jika suatu situs berada di bawah entitas tertentu, contohnya domain dari Indonesia memiliki ekstensi domain id.

3. Jenis

Aspek lain yang menjadi perbedaan antara domain dan hosting adalah jenisnya. Terkait jenis, domain memiliki beberapa jenis atau variasi yang berbeda, yaitu Top Level Domain, Second Level Domain, dan Third Level Domain.

Sedangkan hosting memiliki beragam jenis yang berbeda. Adapun jenis hosting adalah shared hosting, VPS, dan cloud hosting.

Demikian beberapa ulasan tentang perbedaan antara domain dan hosting, dilihat dari beberapa aspek yang berbeda. Keduanya adalah dua elemen yang saling melengkapi dalam sebuah website. Jika ingin mendalami lebih lanjut topik ini, kita bisa membaca artikel Niagahoster Review yang berisi ulasan mengenai perusahaan penyedia hosting dan domain.

Related

Internet 3779725165068282324

Recent

item