Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS, Padahal Gajinya Kecil?


Jika gaji PNS kecil, mengapa pendaftarnya selalu membludak setiap tahun? Karena gaji di mayoritas lapangan kerja lebih rendah.

Serendah-rendahnya gaji PNS, golongan 2A masa kerja 0 tahun adalah 2.022.200,- tidak dipotong pajak, belum termasuk tunjangan. Tapi karena tunjangan adalah variabel yang berbeda tergantung instansi yang menaungi, maka kita asumsikan hanya gaji pokok saja. 

Saat ini sangat jarang pembukaan formasi CPNS untuk golongan di bawah golongan 2A (atau bahkan tidak ada?). Gaji tadi, terlihat kecil, tapi pasti dapat segitu.

Coba anda melamar di lapangan kerja dengan spesifikasi yang sama dengan spesifikasi CPNS, kemungkinan anda akan memiliki penghasilan yang lebih rendah dari gaji PNS tadi. 

Memang sudah ada upah minimum, tapi realitanya di lapangan lebih banyak pekerjaan yang bayarannya dibawah upah minimum di Indonesia, apalagi dengan status lulusan baru. Bahkan masih banyak daerah di Jawa yang upah minimumnya di bawah 2 juta. Tak terbayang di lapangan mayoritas pekerjanya, terutama di sektor informal, mendapat gaji berapa. Dan memang mayoritas ekonomi Indonesia digerakkan sektor informal, kan?

Jadi, gaji PNS memang kecil, tapi masih lebih kecil gaji mayoritas pekerja di lapangan dengan spesifikasi yang sama. Itulah kenapa banyak orang yang tertarik ingin jadi PNS.

Related

Career 4589064936506851211

Recent

item