‘Pertempuran’ yang Terjadi Diam-diam di Dalam Tubuh Kita


Naviri Magazine - Perang tidak hanya terjadi di dunia kita, tetapi juga terjadi dalam tubuh kita. Bahkan hampir tiap hari tubuh kita menjadi medan perang yang hebat, dan sudah terjadi sejak miliaran tahun lalu, dan masih terus terjadi hingga saat ini, tiap hari, tiap detik. 

Hal itu dikisahkan dalam film dokumenter berjudul BBC Two-Our Secret Universe: The Hidden Life of The Cell.

Ini adalah cerita penyerbuan alien-alien yang menyerang kita, yang kita kenal sebagai virus. Film ini sangat menarik untuk ditonton. Selain menceritakan virus yang menginfeksi kita, juga menceritakan bagaimana perjuangan sel-sel tubuh kita dalam melawan invasi partikel-partkel mematikan tersebut. 

Film ini juga banyak disertai animasi 3D yang detail. Kita tidak akan menyangka, ternyata baik virus maupun sel-sel tubuh kita masing-masing mempunyai cara dan strategi tersendiri untuk bertahan atau menyerang balik. Serta bagaimana virus berusaha menembus lapisan demi lapisan pertahanan yang kita miliki, sampai akhirnya berhasil menuju inti sel dan membajak serta melakukan replikasi.

Tapi pertempuran belum berakhir, karena sel-sel tubuh kita yang sekarat berusaha menyalakan alarm bahaya, agar semua sel antibodi dan sel darah putih, sebagai elemen sistem imun kita, siap untuk melakukan serangan balik.

Film ini didukung beberapa kontributor ahli, seperti Professor Bonnie L Bassler (Princeton University), juga Dr. Nick Lane dan Professor Steve Jones (University College London dan University Susanna Bidgood).

Related

Science 6209994021542701736

Recent

item