5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan untuk Menjalin Relasi Sosial yang Sehat

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan untuk Menjalin Relasi Sosial yang Sehat

Ditakdirkan sebagai makhluk sosial, mau tidak mau kita harus menjalin komunikasi dengan orang lain. Baik itu komunikasi yang sekedar bertegur sapa, membahas topik-topik ringan, maupun komunikasi untuk mendiskusikan pembahasan yang penting sekalipun. Namun demikian, dalam berkomunikasi dengan orang lain juga memiliki aturan-aturan yang harus diperhatikan.

Menjalin interaksi dengan sesama, tentu kamu juga harus paham bagaimana cara menghormati orang lain. Bagaimana pun juga, caramu dalam memperlakukan orang lain juga turut mempengaruhi perlakuan orang lain terhadapmu. Berikut ini lima cara menjalin relasi sosial yang sehat.

1. Hati-hati ketika bercanda

Bercanda menjadi aktivitas sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres. Bergurau bersama orang-orang sekitar bisa membuat hati dan pikiran yang tadinya terasa berat dan menggelayut jadi lebih lega. Meskipun begitu, dalam bercanda juga tidak bisa sembarangan, lho.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjalin relasi sosial yang sehat yaitu dengan berhati-hati saat bercanda. Tidak jarang sebaris kalimat yang kita anggap sebagai candaan, ternyata bisa sangat melukai hati orang lain. Jika ini sampai terjadi, tidak jarang justru akan memicu perselisihan.

2. Jangan usik privasinya

Pernahkah kamu merasa risih ketika bertemu seseorang yang cenderung kepo dengan urusan orang lain? Setiap orang pasti akan merasakan hal tersebut ketika privasinya diusik. Apalagi jika turut bergosip dan menyebarkan informasi yang belum tentu bisa dijamin kebenarannya.

Tidak mengusik apa yang menjadi privasi orang lain merupakan salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghormati sesama. Sebagaimana dirimu yang merasa tidak nyaman ketika ada orang ikut campur dengan urusan pribadi, begitu pula yang turut dirasakan orang lain jika ada yang mengusik privasinya.

3. Dapat menerima perbedaan pendapat

Memang tidak dapat dipungkiri jika setiap orang memiliki karakter, cara berpikir, dan juga kebiasaan masing-masing. Hal ini tidak terlepas dari perbedaan prinsip dan juga latar belakang yang melingkupi. Bisa jadi antara pola pikirmu dengan pola pikir temanmu sangat berlainan.

Perbedaan pendapat merupakan hal yang pasti ada ketika kamu sedang berinteraksi dengan orang lain. Sebisa mungkin kamu harus bisa memahami hal tersebut. Perbedaan adalah sesuatu yang wajar, kamu hanya perlu menerima dan menghargainya.

4. Sopan santun saat bertutur kata

Sebaris perkataan yang meluncur dari mulut bisa diibaratkan seperti anak panah. Jika tidak hati-hati dalam berucap, sudah pasti kita akan sering menyakiti hati orang lain. Entah itu perkataan yang menyinggung hal sepele atau menyinggung urusan yang sangat sensitif sekalipun.

Sopan santun saat bertutur kata menjadi salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membangun relasi sosial yang sehat. Bagaimana pun juga, wibawa dan citra dirimu turut dipengaruhi oleh perkataanmu. Ketika terbiasa berbicara secara tidak sopan, maka orang-orang juga akan kehilangan respek atas dirimu.

5. Jangan pernah memotong pembicaraan

Sebagai makhluk sosial, kita pasti menjalin interaksi dengan orang lain. Baik itu sekadar obrolan ringan maupun interaksi untuk membahas permasalahan yang benar-benar penting. Kendati demikian, dalam berinteraksi kamu juga harus berhati-hati, agar tidak menyakiti hati orang lain.

Salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan yaitu dengan tidak memotong pembicaraan. Mungkin terlihat sepele, tapi ini bisa membuat seseorang merasa tidak dihargai, lho. Tidak menutup kemungkinan di lain waktu kamu akan mengalami hal yang sama.

Sebagai makhluk sosial, menjalin relasi sosial yang sehat itu sangat diperlukan supaya dapat saling menghormati satu sama lain. Kira-kira dari lima cara di atas, mana saja yang sudah kamu terapkan?

Related

Relationship 1006551025877448175

Recent

item