50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 7)

50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan

Naviri Magazine - Uraian ini lanjutan uraian sebelumnya (50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan ~ Bagian 6). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan daftar yang lebih lengkap, silakan baca uraian sebelumnya terlebih dulu.

20. Max Candy
Dalam: Cape Fear (1962), Cape Fear (1991 – remake)
Pemeran: Robert Mitchum, Robert De Niro
Sutradara: J. Lee Thompson, Martin Scorsese

Scorsese membuat remake film yang memang sudah bagus, tentang karakter Max yang dikisahkan terus-menerus mengganggu keluarga Bowen. Semua karena 14 tahun yang lalu, Sam Bowen (Gregory Peck, Nick Nolte) menjadi pengacara dalam kasus pemerkosaan yang dilakukan Max. 

Ternyata, Sam melakukan kesalahan hingga Max dipenjara. Karena itu, setelah bebas, Max melakukan teror kepada Sam dan keluarga, agar bisa merasakan apa arti kehilangan. Baik Mitchum maupun De Niro bermain sama baik sebagai Max. 

19. Scorpio the Killer
Dalam: Dirty Harry (1971)
Pemeran: Andy Robinson
Sutradara: Don Siegel

Scorpio the Killer (Robinson) bisa dibilang salah satu pembunuh yang mengerikan dalam film. Sekilas, motif utamanya adalah uang. Scorpio meminta sejumlah uang kepada walikota San Fransisco untuk menghentikan aksi pembunuhan yang dilakukannya sendiri. 

“Dirty” Harry Callahan (Clint Eastwood) tidak setuju, dengan alasan akan muncul Scorpio-Scorpio baru, dan terutama Scorpio sendiri tak bisa dipercaya. Untuk melawan Dirty, Scorpio melakukan berbagai macam trik yang di luar dugaan.

Meski bermain luar biasa, sayang sekali, Robinson masih kalah kharisma dibandingkan Eastwood. Sampai yang diingat banyak orang dari Eastwood hanyalah gaya Dirty-nya. Sebelum jatuh ke tangan Eastwood, peran Dirty sempat dipertimbangkan akan dimainkan oleh John Wayne, Frank Sinatra, Robert Mitchum dan Burt Lancaster.

18. Alex
Dalam: A Clockwork Orange (1971)
Pemeran: Malcolm McDowell
Sutradara: Stanley Kubrick

Alex mempunyai beberapa kegemaran, yaitu seks, kekerasan, sadis, dan musik Beethoven. Alex tidak mau tahu dengan orang lain, semua hanya untuk keuntungan diri sendiri. Selain karena bakat, lingkungan sekitar yang kacau-balau juga memengaruhinya. Polisi korup, lapangan kerja sempit, politisi pembohong, dan banyak lagi. 

Alex pun memilih bergaul dengan kejahatan. Tanpa adanya pilihan moral, hidupnya seolah-olah jauh dari kesan bahwa dia manusia normal. A Clockwork Orange menjadi salah satu karya terbaik Stanley Kubrick.

17. Mrs. Li
Dalam: Dumplings (2004)
Pemeran: Miriam Yeung
Sutradara: Fruit Chan

Mrs. Li adalah perempuan kaya yang merasa daya tariknya telah hilang setelah sang suami mulai tak bergairah padanya. Untuk mengembalikan kecantikan, dia meminta bantuan Mei (Bai Ling), seorang juru masak yang diyakini mampu membuat masakan awet muda. Mei menciptakan hidangan dimsum yang berisi daging bayi hasil aborsi. Mrs. Li pun kembali tampil menarik.

Dumplings tadinya merupakan salah satu cerita pendek yang ada di film Three… Extremes (2004), sebuah film yang berisi 3 cerita horor dari 3 negara (Hong Kong, Jepang, Korea Selatan). Melihat animo penonton yang tinggi terhadap episode ini, Chan, sang sutradara, membuat versi panjangnya.

16. Carrie White
Dalam: Carrie (1976), Carrie (2013 – remake)
Pemeran: Sissy Spacek, Chloe Grace Moretz
Sutradara: Brian De Palma, Kimberly Peirce

Perempuan muda ini mempunyai kemampuan telekinesis yang luar biasa dahsyat. Kemampuannya menjadi tak terkendali setelah teman-teman sekolah mempermalukan dirinya di acara Prom Night, dengan menyiramkan darah binatang. Tanpa ampun, Carrie menghabisi siapa pun yang berada di dekatnya, termasuk sang kekasih, Billy Nolan (John Travolta, Ansel Elgort). 

Ibunya, Margaret White (Piper Laurie, Julianne Moore) beberapa kali mencoba membunuh Carrie, namun selalu kalah. Klimaksnya, saat berduel di dalam rumah, dia berhasil menusuk Carrie dengan pisau dapur. Walau terluka, Carrie masih mampu melawan hingga keduanya tewas karena terbakar.

15. John Kramer atau Jigsaw
Dalam: Saw (2004), Saw II (2005), Saw III (2006), Saw IV (2007), Saw V (2008), Saw VI (2009), Saw 3D (2010)
Pemeran: Tobin Bell
Sutradara: James Wan, Darren Lynn Bousman, David Hackl, Kevin Greutert

John adalah seorang pekerja di bidang properti yang sangat mencintai keluarganya. Sang istri, Jill Tuck (Betsy Russell), menjalankan klinik rehabilitasi dan perawatan ketergantungan narkoba. Sayang, kehidupannya berubah berantakan setelah bayi yang dikandung Jill meninggal karena diserang oleh seorang pecandu dan perampok yang dirawat di klinik, Cecil Adams (Billy Otis). 

Dendam pada Cecil, ditambah lagi kanker ganas yang menggerogoti tubuhnya, membuat John bertransformasi menjadi Jigsaw. Dia menculik orang-orang yang menyia-nyiakan hidup, dan memaksa mereka mengikuti permainan maut yang dibuatnya.

Baca lanjutannya: Ini 50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 8)

Related

Film 1508692234441155179

Recent

item