50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 10)

50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan

Naviri Magazine - Uraian ini lanjutan uraian sebelumnya (50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan ~ Bagian 9). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan daftar yang lebih lengkap, silakan baca uraian sebelumnya terlebih dulu.

5. John Doe
Dalam: Se7en (1995)
Pemeran: Kevin Spacey
Sutradara: David Fincher

Dua orang polisi, William Somerset (Morgan Freeman) dan David Mills (Brad Pitt) menyelidiki kasus pembunuhan berantai yang dilakukan berdasarkan “Seven Deadly Sins” (7 dosa mematikan), yaitu pride (kesombongan), sloth (kemalasan), gluttony (kerakusan), envy (iri hati), lust (nafsu seks), wrath (kemarahan), dan greed (keserakahan).
 
Pelaku yang menyebut dirinya “Pedang dari Tuhan” itu dipanggil dengan John Doe. Baginya, melakukan pembunuhan sama seperti menghukum orang-orang berdosa. Keadaan menjadi parah, karena semakin lama menyelidiki, William dan David terperangkap arus kejiwaan John Doe.

Kekuatan cerita dan akting para pemain menjadi kunci sukses film ini. Dari awal hingga pertengahan, Se7en berjalan sangat kelam, membuat penonton agak bosan. Baru menjelang akhir, muncul kejutan tragis yang membuat Se7en layak disebut sebagai film thriller layak tonton.

4. Anton Chigurh
Dalam: No Country for Old Men (2007)
Pemeran: Javier Bardem
Sutradara: Ethan Coen dan Joel Coen

Berlatar di Texas tahun 1980, film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Cormac McCarthy ini menceritakan aksi kejar-kejaran yang melibatkan Llewelyn Moss (Josh Brolin), yang tak sengaja menemukan uang sebesar 2 juta dolar Amerika, dengan Anton, pembunuh berdarah dingin, dan seorang sheriff (Tommy Lee Jones).

No Country for Old Men memukau sejak menit-menit awal, saat seorang polisi yang baru saja menangkap Anton dan membawanya ke kantor, harus menjadi korban sang psycho yang mencekik leher dengan tangan terborgol. Berkat perannya sebagai Anton, Bardem dianugerahi piala Oscar sebagai Aktor Pendukung Terbaik. Dia tampil sebagai pria dengan potongan rambut aneh, yang membunuh tanpa ekspresi.

3. Joker
Dalam: The Dark Knight (2008)
Pemeran: Heath Ledger
Sutradara: Christopher Nolan

Karakter Joker sebelumnya pernah dimainkan oleh Jack Nicholson dalam Batman (1989), namun dalam versi yang lebih lucu. Sedangkan Joker dalam The Dark Knight berubah menjadi psycho yang sangat mengerikan, karena dia membunuh dan melakukan segala tindak kriminal bukan atas motivasi uang atau sejenisnya, tapi hanya karena dia memang jahat.

Ledger diganjar piala Oscar sebagai Aktor Pendukung Terbaik karena memerankan karakter Joker. Sayang, dia tak bisa menerimanya secara langsung karena ditemukan tewas 22 Januari 2008, jauh sebelum Academy Awards 2009 digelar. 

2. Norman Bates
Dalam: Psycho (1960), Psycho II (1983), Psycho III (1986), Psycho IV: The Beginning (1990), Psycho (1998 – remake)
Pemeran: Anthony Perkins, Henry Thomas, Vince Vaughn
Sutradara: Alfred Hitchcock, Richard Franklin, Anthony Perkins, Mick Garris, Gus Van Sant

Bisa dibilang, Norman adalah sesepuh dari karakter psycho yang muncul di film. Pertama kali diperkenalkan oleh sutradara kondang Hitchcock, banyak penonton yang menjerit saat adegan Norman membunuh seorang perempuan di kamar mandi.

Psycho yang pertama sukses luar biasa hingga dibuat beberapa sekuel dengan sutradara yang berbeda-beda. Hasilnya, Hitchcock menghilang, hilang pula kharisma Norman. Terjadi penurunan kualitas di film-film selanjutnya karena Norman cenderung tampak “gila” bukan “psycho,” hal yang membuat penonton kurang “respek.”

1. Dr. Hannibal Lecter
Dalam: Manhunter (1986), The Silence of the Lambs (1991), Hannibal (2001), Red Dragon (2002)
Pemeran: Brian Cox, Anthony Hopkins
Sutradara: Michael Mann, Jonathan Demme

Pertama kali muncul di Manhunter, karakter yang dimainkan Cox ini sama sekali tidak menarik perhatian karena yang lebih ditonjolkan adalah The Tooth Fairy. Baru pada tahun 1991, Demme membuat The Silence of the Lambs dengan hasil luar biasa, sukses secara komersial dan kualitas, karena memborong kategori utama piala Oscar: Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik (Hopkins), dan Aktris Terbaik (Jodie Foster).

Berdasarkan novel karya Thomas Harris, karakter Hannibal merupakan psycho modern yang paling menakutkan. Sosoknya pintar, tenang, kejam, serta punya kharisma dan wibawa. 

Hal yang paling mengerikan adalah, Hannibal melakukan kejahatan tanpa motif yang jelas, karena tidak mencari uang, kekuasaan, atau perempuan. Hannibal melakukan semua itu hanya untuk kesenangan.

Related

Film 6225270113108170066

Recent

item