50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 9)

50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan

Naviri Magazine - Uraian ini lanjutan uraian sebelumnya (50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan ~ Bagian 8). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan daftar yang lebih lengkap, silakan baca uraian sebelumnya terlebih dulu.

10. Patrick Bateman
Dalam: American Psycho (2000)
Pemeran: Christian Bale
Sutradara: Mary Harron

Film yang diangkat dari novel Bret Easton Ellis tahun 1991 ini menampilkan kelicikan dan kekerasan dengan latar belakang dekade 1980-an, zaman di mana ekonomi dunia sedang berada di puncak kejayaan. 

Sekilas, Patrick adalah salah seorang penikmat kesuksesan, karena sudah mencapai sesuatu yang biasa disebut “American dream,” yaitu muda, tampan, kaya, berkuasa dan dikelilingi banyak perempuan.

Walau begitu, ada sisi lain yang mengerikan. Ternyata, Patrick adalah pembunuh berantai! Hebatnya, dia bisa menutupi dengan bertingkah normal di depan orang-orang di sekitar. Satu hal yang pasti, film ini mengajarkan bahwa penampilan seseorang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sosok yang menipu banyak pihak dengan penampilannya.

9. Jack Torrance
Dalam: The Shining (1980)
Pemeran: Jack Nicholson
Sutradara: Stanley Kubrick

Seorang remaja bernama Danny Torrance (Danny Lloyd), bersama orangtuanya, Jack dan Wendy (Nicholson dan Shelley Duvall), menjadi penanggung jawab sebuah hotel selama musim dingin. Hotel yang terisolasi dan angker itu biasa disebut dengan “The Shining.” 

Danny yang paling merasakan keanehan-keanehan di situ. Sang ayah pun terkena dampak negatif dari semua keganjilan yang ada. Dia tiba-tiba berubah menjadi gila dan tak terkendali.

Film ini disebut-sebut sebagai karya hebat dari horor modern. Nicholson menampilkan akting yang cemerlang, mulai dari sorot mata, cara berbicara, gerakan tubuh, dan lain sebagainya. Bisa dibilang, film ini bertumpu pada kekuatan akting Nicholson.

8. Leatherface
Dalam: The Texas Chainsaw Massacre (1974), The Texas Chainsaw Massacre Part 2 (1986), Leatherface: The Texas Chainsaw Massacre 3 (1990), Texas Chainsaw Massacre: The Next Generation (1994), The Texas Chainsaw Massacre (2003), The Texas Chainsaw Massacre: The Beginning (2006), Texas Chainsaw 3D (2013)
Pemeran: Gunnar Hansen, Bill Johnson, R. A. Mihailoff, Robert Jacks, Andrew Bryniarski, Dan Yeager
Sutradara: Tobe Hooper, Jeff Burr, Kim Henkel, Marcus Nispel, Jonathan Liebesman, John Luessenhop

Tahun 1999 seri pertama film ini akhirnya diedarkan di Inggris setelah dicekal selama 25 tahun karena dianggap terlalu mengumbar kekerasan. Meski demikian, banyak yang menyukai film ini hingga dibuat beberapa sekuelnya.

Seorang gadis bernama Sally Hardesty (Marilyn Burns), saudaranya, Franklin (Paul A. Partain), serta tiga orang teman, Jerry (Allen Danziger), Kirk (William Vail), dan Pam (Teri McMinn), melakukan perjalanan dengan sebuah van. Mereka terhenti di gua milik kakek Sally. 

Tak disangka, ternyata gua misterius itu menjadi awal dari berbagai kesialan yang mereka alami selanjutnya. Seperti dugaan penonton, muncul hal-hal mengerikan dan sadis, terutama karena hadirnya Leatherface.

7. Hans Beckert
Dalam: M (1931)
Pemeran: Peter Lorre
Sutradara: Fritz Lang

Hans adalah pencabut nyawa anak kecil, kejahatan yang bahkan dibenci oleh sosok-sosok antagonis lain. Detail pembunuhan tak pernah ditampilkan langsung di layar bioskop, hanya dibicarakan. Penonton cuma bisa membayangkan bahwa Hans benar-benar melakukannya. Meski demikian, “nyawa” film ini tak hilang. Singkatnya, karakter Hans diciptakan tidak simpatik hingga penonton pun merasa muak melihatnya.

M dibuat di zaman film masih sangat sedikit, bahkan daerah Hollywood belum ada apa-apanya. Jika dibandingkan dengan film-film masa kini, mungkin M terlihat biasa. Namun, bila mengingat tahun produksinya, harus diakui kengerian yang ditampilkan sudah tergolong hebat, karena tak mudah membuat film seperti ini dengan peralatan masih sederhana.

6. Mickey dan Mallory Knox
Dalam: Natural Born Killers (1994)
Pemeran: Woody Harrelson dan Juliette Lewis
Sutradara: Oliver Stone

Naskah asli film ini tadinya hak milik Quentin Tarantino, yang kemudian dibeli Stone. Kisahnya tentang pasangan Mickey dan Mallory yang melakukan perjalanan keliling Amerika, sambil membunuh beberapa orang. Di tengah-tengah film, keduanya ditangkap oleh polisi yang tidak stabil, Jack Scagnetti (Tom Sizemore). Hingga kemudian, bersama seorang wartawan, Wayne Gale (Robert Downey, Jr.), mereka saling memanfaatkan demi keuntungan, dengan menggunakan media.

Harrelson dan Lewis dikenal sebagai aktor dan aktris yang pandai menghidupkan karakter setengah gila. Harrelson pernah menjadi orang stres di People vs. Larry Flint, sedangkan Lewis tampil dengan karakter mirip di California. Natural Born Killers memang bukan film khas Stone, tapi hasilnya boleh juga.

Baca lanjutannya: 50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 10)

Related

Film 8799089966364787198

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

Banner BlogPartner Backlink.co.id
item