Di China, Menolong Orang Jatuh di Jalan Malah Bisa Dituntut ke Pengadilan

Di China, Menolong Orang Jatuh di Jalan Malah Bisa Dituntut ke Pengadilan

Ada istilah yang disebut "peng ci," dalam bahasa Tionghoa, yang berarti "menyenggol porselen/barang pecah belah." Ungkapan itu dinamai demikian sebagai perbandingan dengan kegiatan masuk ke dalam toko, dan secara tidak sengaja memecahkan porselen. Penjaga toko kemudian akan menuntut Anda mengganti rugi.

Mari kita mulai dari awal, dengan kasus pengadilan yang terkenal di tahun 2006, antara Xu Shoulan versus Peng Yu. 

Peng adalah seorang pejalan kaki yang melihat seorang wanita tua, Xu, tergelincir di dekat halte bus hingga kakinya patah. Peng bertindak sebagai orang baik dan membawa wanita tua itu ke rumah sakit. Namun, Xu kemudian mengklaim bahwa Peng bertanggung jawab atas cederanya, dan menuntutnya untuk membayar perawatannya.

Belum sampai situ bagian yang mengejutkannya.

Pengadilan memutuskan mendukung penggugat (Xu) dan menuntut Peng bertanggung jawab atas kecelakaan, dengan alasan bahwa meskipun tidak ada bukti konkret, "tidak akan ada yang membantu seseorang dengan hati nurani kecuali mereka merasa bersalah."

Keputusan pengadilan tersebut mendapat kecaman nasional sekaligus menginspirasi banyak penipu, biasanya pria atau wanita tua, untuk pura-pura cedera di depan orang yang lewat. Siapa pun yang datang dan membantu mereka bangun akan dituntut untuk bertanggung jawab.

Kasus ini mengarah pada dua kemungkinan skenario tragis.

Pejalan kaki membantu yang terluka, tetapi akan dituntut untuk kompensasi yang lumayan.

Korban sebenarnya terluka parah, tetapi tidak ada yang berani membantunya karena takut terkena kasus di atas. Kemudian korban yang terluka meninggal karena tidak dibantu ke rumah sakit.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, beberapa orang pintar telah memikirkan solusi.

Jika Anda melihat seorang pria tua jatuh, segeralah berhenti dari jauh dan keluarkan kamera ponsel untuk merekam. Kemudian dekati orang itu dan berkata dengan jelas, “Apakah Anda jatuh sendiri?”

Bantulah ia berdiri, hanya jika si pria menjawab “Ya.” Jika dia kemudian berbohong dan mengklaim Anda melakukannya, tinggal perlihatkan rekaman itu kepada polisi.

Related

International 385924848684416523

Recent

item