Growth Mindset, Cara Agar Selalu Optimis dan Tak Mudah Menyerah (Bagian 1)

Growth Mindset, Cara Agar Selalu Optimis dan Tak Mudah Menyerah

Salah satu kunci penting untuk bisa membangun kekuatan grit (kegigihan) serta daya resiliensi yang tangguh adalah dengan cara menumbuhkan growth mindset.

Dalam karya yang fenomenal bertajuk berjudul Mindset: The New Psychology of Success, pakar human performance dari Stanford University, Profesor Carol Dweck, menemukan, orang-orang dengan growth mindset cenderung akan lebih resilien saat berproses mengejar impiannya.

Growth mindset merujuk pada mentalitas yang selalu melihat setiap tantangan adalah kesempatan untuk menumbuhkan kemampuan diri.

Growth mindset adalah pola pikir yang fokus pada proses self growth atau kecakapan diri yang terus bertumbuh. Saat dihadapkan pada problem, ia akan melihat problem bukan sesuatu yang permanen dan sulit diatasi. Sebaliknya, ia akan melihatnya sebagai kesempatan untuk menemukan solusi kreatif.

Lawan growth mindset adalah orang-orang dengan fixed mindset, atau pola pikir kaku yang menganggap semua problem dan tantangan sebagai sesuatu yang permanen, dan sulit diatasi.

Orang-orang dengan fixed mindset akan mengatakan, “Saya menyerah, problemnya rumit dan terlalu sulit untuk saya hadapi”. Orang dengan growth mindset akan mengatakan, “Saya akan mencari alternatif solusi yang lain dan cara yang berbeda untuk mengatasinya hingga berhasil.”

Orang dengan fixed mindset akan berpikir, “Saya gaptek dan tidak bisa melakukannya.” Orang dengan growth mindset akan berpikit, “Saya akan berusaha mempelajarinya hingga bisa.”

Orang dengan fixed mindset akan bergumam dalam hati, “Saya tidak punya modal sehingga pasti tidak akan bisa memulai bisnis.” Orang dengan gowth mindset akan bergumam dalam hati, “Saya akan berusaha secara kreatif untuk mendapatkan modal, atau saya akan memulai bisnis dengan modal yang kecil.”

Saat melihat orang lain sukses dan meraih kemakmuran, orang dengan fixed mindset akan mengatakan, “Dia hanya beruntung, nasib saya memang hanya begini saja.” Orang dengan gowth mindset akan mengatakan, “Kenapa dia sukses, strategi apa yang bisa saya pelajari darinya, sehingga saya juga meraih keberhasilan?”

Dari paparan di atas, kita bisa melihat bahwa orang dengan growth mindset selalu berupaya mencari celah untuk menemukan solusi. Ia juga punya kecenderungan untuk tidak mudah menyerah pada nasib buruk. Alih-alih meratapi, ia akan melihat kondisi dirinya saat ini sebagai pribadi yang masih akan bisa tumbuh dengan lebih baik di masa depan.

Orang dengan fixed mindset akan melihat kegagalan sebagai sarana untuk membenarkan bahwa dirinya memang orang yang tidak kapabel dan tidak akan bisa sukses. Sebaliknya, orang dengan growth mindset akan melihat kegagalan sebagai umpan balik untuk memperbaiki cara meraih keberhasilan.

Dari uraian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa menumbuhkan growth mindset adalah proses yang krusial untuk membangun kekuatan grit dan daya resiliensi dalam diri kita. 

Lalu bagaimana cara menumbuhkan gowth mindset secara efektif? Berikut tiga cara yang aplikatif untuk mengembangkan growth mindset dalam diri kita.

Cara pertama adalah menciptakan positive self talk, dan sebaliknya mengurangi atau meniadakan negative self talk.

Tak jarang, saat merenungi kehidupan dan memikirkan masa depan, muncul kilatan-kilatan self talk yang bernada negatif seperti: saya kayaknya akan sulit meraih keberlimpahan finansial; karir saya agaknya akan stagnan; atau hidup saya akan begini-begini saja; atau saya tidak akan berhasil meraih sukses yang saya harapkan; dst, dst.

Negative self talk semacam itu pelan-pelan justru akan menumbuhkan fixed mindset, dan bukan growth mindset.

Karena itu sebaiknya, konten self talk lebih diarahkan pada harapan yang positif. Misal: Saya akan bisa meraih keberhasilan yang saya angankan; saya akan bisa meraih sukses dalam bisnis yang saya jalani; kalau saya terus gigih berusaha, saya akan bisa memperbaiki nasib hidup ini.

Lakukan positive talk dengan rutin. Setiap kali Anda merenung atau berdoa, lakukan self talk dengan aura yang positif. Hadirkan keyakinan bahwa masa depan Anda akan lebih cerah, sepanjang Anda tekun melakukan action.

Repetisi positive self talk akan bisa menumbuhkan rasa percaya diri. Positive self talk pelan-pelan akan bisa menumbuhkan gowth mindset serta kekuatan grit dalam diri kita. 

Baca lanjutannya: Growth Mindset, Cara Agar Selalu Optimis dan Tak Mudah Menyerah (Bagian 2)

Related

Inspiration 441522743684851863

Recent

item