Mengapa di Wilayah Kutub Terdapat Banyak Es?

Mengapa di Wilayah Kutub Terdapat Banyak Es?

Naviri Magazine - Es yang ada di wilayah kutub berasal dari air yang membeku di belahan Bumi selatan dan belahan Bumi utara. Musim dingin di dua belahan Bumi itu sangat dingin sekali, bahkan suhunya bisa mencapai -480 derajat Celcius. Suhu sedemikian rendah akan mengakibatkan sungai-sungai yang mengalir di sana menjadi es.

Selain itu, di belahan Bumi utara, Matahari akan bersinar selama 6 bulan pada musim panas, itu pun posisinya pada siang hari tidak tepat berada di atas kepala kita tapi sejajar dengan pandangan mata kita. 

Sedangkan di musim dingin, Matahari tidak akan muncul, dan kutub akan mengalami gelap selama 6 bulan. Karena hal-hal di atas itulah yang menjadikan wilayah kutub memiliki banyak es.

Sedingin apa Kutub Bumi?

Kutub Bumi adalah tempat terdingin di Bumi, dengan suhu mencapai -85 sampai -90 derajat Celcius di musim dingin, dan 30 derajat lebih tinggi di musim panas. Bagian tengahnya dingin dan kering, serta hanya mengalami sedikit curah hujan. 

Turunnya salju juga terjadi di bagian pesisir, dengan catatan tertinggi 48 inci dalam 48 jam. Hampir seluruh benua itu diselimuti es setebal rata-rata 2,5 kilometer.

Related

Science 1331443789840998243

Recent

item